Kawanan Kera Merapi Turun Gunung Sebelum Erupsi Kemarin


BNews—JOGJA— Tanda tanda alam akan datangnya erupsi Gunung Merapi biasanya muncul lebih dahulu. Seperti saat erupsi kemarin (21/6/2020).


Sejumlah kawanan kera dilaporkan turun gunung. Kejadian itu terjadi beberapa hari sebelum erupsi dua kali di hari yang sama kemarin.


“Beberapa hari terakhir kera-kera itu sering turun ke permukiman penduduk untuk mencari makan,” kata Komandan SAR Lonmas Kaliurang Kiswanta.


Menurutnya, kawanan kera itu biasa turun di pagi dan sore hari. Kawanan kera ini turun hingga kawasan wisata Kaliurang.


Hanya saja, Kiswanta menjelaskan, turunnya para kera ke permukiman penduduk tak bisa serta-merta dikaitkan dengan erupsi Gunung Merapi hari ini.

Dia memperkirakan kawanan kera tersebut turun ke permukiman penduduk untuk mencari makan. Sebab, sejak destinasi wisata Kaliurang ditutup akibat pandemi Covid-19, tak ada lagi yang memberi mereka makan.

Salah satu titik yang kerap disinggahi kera-kera itu adalah Terminal Tlogo Putri Kaliurang. Di sana, mereka mencari sisa-sisa makanan. “Tapi bisa juga karena kera-kera itu merasakan udara di sekitar panas kemudian turun,” ujarnya.

Loading...


Sebelumnya diberitakan erupsi Gunung Merapi mengakibatkan hujan abu di puluhan desa di Kabupaten Magelang. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi mencatat kolom abu erupsi itu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.


Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 75 milimeter dan durasi 5 menit 28 detik. Saat ini Gunung Merapi belum beranjak statusnya, yakni masih di level II atau waspada.


Masyarakat dihimbau mewaspadai potensi ancaman bahaya erupsi berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.

Tidak boleh ada aktivitas apapun dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: