Kekeringan Meluas ke Wilayah Borobudur

BNews—BOROBUDUR— Kekeringan mulai melanda beberapa wilayah di Kabupaten Magelang. Oleh karena itu Polres Magelang dan BPBD Kabupaten Magelang distribusikan bantuan air bersih ke Borobudur pagi tadi (13/8).

Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Magelang, Supranowo hari ini kita distribusikan ke Dusun Sembungan Desa Kembanglimus Borobudur. “Wilayah ini menjadi salah satu wilayah kekurangan air bersih akibat kekeringan kali ini, dan BPBD melakukan dropping air bersih dalam dua tiga hari sekali,” katanya.

Advertisements


Dijelaskan bahwa Bulan Agustus ini awal dari musim kemarau, prediksi kekeringan hingga September,menurut BMKG. “Untuk dropping air bersih sepanjang ada permintaan dari desa atau memperhatikan kebutuhan desa, perdesa dua tiga hari sekali. Lebih cepat ada penampungan air. Dan kami membawa truk tangki 5000 liter per titik dropping,” imbuhnya.

Untuk droping kali ini masuk dalam program Andum Tirto tersebut juga sekaligus dalam rangka menyambut HUT Polwan ke 71. Beberapa personil kepolisian Polres Magelang termasuk Polwan ikut turun langsung dalam kegiatan ini.


Kabag Perencanaan Polres Magelang, Kompol Sumaryati mengatakan bahwa Program Andumtirto atau berbagi air bersih ini sesuai dengan permintaan masyarakat, dimana kepala desa bisa mengajukan permohonan di Polres Magelang untuk bantuan air bersih. “Nanti jika ada permintaan akan kami kaji dan upayakan bantuan air bersih,” katanya. ungkap Kabag Perencanaan Polres Magelang, Kompol Sumaryati.

Sementara Kepala Desa Kembanglimus, Iswoyo menambahkan bahwa Desa Kembanglimus terdapat tujuh dusun, dan yang paling parah mengalami kekeringan adalah Dusun Sembungan, Dusun Wonotigo dan Dusun Gombong. “Biasanya saat musim hujan masyarakat Dusun Sembungan mengandalkan mata air dari Dusun Bogelan, namun saat kemarau air sumber mata air surut,” tambahnya.

“Kami mewakili masyarakat Desa Kembanglimus mengucapkan terima kasih kepada Polres Magelang dan BPBD Kabupaten Magelang telah membantu droping air bersih di wilayah kami,” pungkasnya.(bsn)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: