Kenali Penyebab Rambut Kusam dan Cara Mengatasinya

BNews—TIPS— Rambut kusam merupakan kondisi rambut tampak pucat, mengembang, dan tidak berkilau. Selain itu, kondisi ini juga terkadang disertai rambut terasa kasar atau berat.

Rambut kusam bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk cuaca yang kering atau dingin saat musim hujan. Soalnya, cuaca ini bisa membuat rambut jadi mudah kering. Kalau tidak segera dirawat, hal ini bisa berujung rambut mengembang dan tampak kusam.

Selain itu, berikut beberapa penyebab rambut kusam yang perlu diperhatikan:

  • Kurangnya perawatan rambut
  • Kurangnya asupan gizi dari makanan sehari-hari
  • Rambut terlalu lama terpapar matahari
  • Penggunaan perawatan rambut yang salah atau terlalu banyak
  • Penggunaan bahan kimia berlebihan untuk menata rambut
  • Cuaca yang terlalu kering atau udara terlalu dingin

Meskipun bisa disebabkan oleh berbagai hal, rambut kusam tetap bisa diatasi dan dicegah agar tidak terjadi lagi. Berikut beberapa cara mengatasi rambut kusam yang bisa kamu terapkan:

1. Gunakan sampo untuk rambut kering

Sampo berfungsi mengurangi minyak dan residu produk pada rambut. Sebab itu, sampo bisa saja mengurangi minyak alami rambut dan membuatnya jadi kering serta kusam. Namun, ada juga sampo yang dibuat dengan lebih sedikit deterjen agar tidak mengurangi minyak alami rambut. Dengan menggunakannya, rambut tidak tampak rambut kusam.

Selain sampo, kamu juga sebaiknya menggunakan kondisioner setiap selesai keramas. Tidak hanya mengatasi rambut kusam, hal ini juga bisa mencegah rambut rusak di kemudian hari.

2. Manfaatkan minyak rambut

Rambut kusam bisa diatasi dengan meningkatkan kelembapannya. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan minyak rambut, khususnya yang mengandung minyak kelapa, argan, atau jojoba. Selain bisa melembapkan rambut dan membuatnya berkilau, minyak rambut juga bisa menutrisi dan menguatkan rambut.

3. Pakai hair spray

Produk ini memang dibuat untuk memberikan kilau pada rambut serta mencegah rambut kusam dan mengembang. Ingat, jangan menyemprotkannya terlalu banyak, karena justru bisa membuat rambutmu jadi lepek.

4. Kurangi penggunaan pewarna rambut

Rambut seseorang bisa saja menjadi kusam karena terlalu banyak terpapar bahan kimia untuk menata rambut, misalnya pewarna rambut. Bukan berarti mewarnai rambut itu tidak boleh, tetapi sebaiknya batasi penggunaannya, terutama saat cuaca kering atau dingin.

Sebagai contoh, kamu bisa menunggu 2 minggu setelah rambutmu ditata untuk bisa kembali melakukan styling atau mewarnai rambut.

5. Batasi penggunaan alat panas untuk menata rambut

Sama halnya seperti bahan kimia, penggunaan alat penata rambut yang menghasilkan panas seperti pengering rambut juga bisa merusak rambut jika dilakukan terlalu sering. Hal ini karena panas yang dihasilkan alat ini bisa merusak rambut lebih parah daripada saat kamu mengeringkan rambut secara alami. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan terlalu lama atau banyak menggunakan alat penata rambut yang menghasilkan panas.

Selain menerapkan hal di atas, kamu juga bisa mencegah rambut kusam agar tidak terjadi lagi dengan rutin menjaga kesehatan rambut. Misalnya, jangan keramas setiap hari dan sisirlah rambut saat sudah setengah kering.

Kalau rambut kusam masih belum membaik meskipun kamu sudah menerapkan cara mengatasinya, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Terlebih kalau rambut malah jadi mudah rontok atau tipis.

Sumber: alodokter

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: