Kenang Didi Kempot, Ganjar Usul Patung Almarhum Dipasang di Solo Balapan

BNews—JATENG—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sedang berupaya meminta penghargaan bagi Didi Kempot berupa patung. Yakni dengan mengirim surat permohonan kepada Kementerian BUMN.

Walikota Solo F.X Hadi Rudyatmo memaparkan saat ini pihaknya masih menunggu jawaban atau persetujuan surat dari Kementerian BUMN. ”Sebab aset untuk meletakkan patung, rencananya di Stasiun Solo Balapan yang merupakan kewenangan Kementerian BUMN,” paparnya, hari ini (20/6/2020).

Ia mengaku, surat permohonan telah dikirimkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. “Saya dapat tembusannya. Supaya bisa dipasang patung Didi Kempot di Stasiun Balapan,” tuturnya.

Setelah diizinkan, lanjut Rudy, pihaknya akan membentuk panitia sayembara desain patung. Selain itu juga panitia pembuatan pantung Didi Kempot, nanti desainnya, Pemkot Solo akan melibatkan para penggemar Didi Kempot.

“Nanti kalau diizinkan, baru kita sebarkan ke ‘Sobat Ambyar’. Mau desain yang setengah badan atau ketika nyanyi atau ketika mengajak sobat ambyar berjoget. Nah itu nanti kan banyak untuk pose-nya mas Didi,” imbuhnya.

Terkait lokasi pemasangan, kata Rudy, sebelumnya ia mengusulkan di Lokananta, namun Gubernur Jateng memilih di Stasiun Solo Balapan.”Kalau Lokananta itu destinasi cagar budaya, sebenarnya pas. Supaya menarik wisatawan datang ke Lokananta. Kalau stasiun kan tiap hari banyak orang. Tapi itu nanti masih bisa dirembug (dibicarakan),” kata dia.

Rudy juga berharap, jika surat permohonan tersebut disetujui, patung tersebut juga akan dibiayai oleh Kementerian BUMN dan menjadi aset mereka. Sebab ia menilai, tidak ada ruginya BUMN memiliki aset berupa patung seniman fenomenal tersebut.

Loading...

”Apalagi tidak dimungkinkan aset Pemkot Solo menempati area milik BUMN. Lha makanya biar asetnya sana sekalian. Enggak bisa to kita menganggarkan di asetnya BUMN. BUMN nggawekke (membuatkan) kan enggak ada ruginya to,” pungkasnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: