IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Kenapa Wanita Nangis Tutup Mulut dan Pria Tutup Mata, Ini Penjelasan Dokter

BNews—NASIONAL—Terdapat sebuah narasi yang menyatakan bila lelaki kalau menangis akan menutup mata, wanita menangis menutup mulutnya. Seolah tahu dari mana datang dosanya.

Dilansir dari unggahan di laman kompasiana, seorang dokter bernama dr Wahyu Triasmara membuat penjelasan terkait narasi ini. Ia mengatakan meskipun maksud dari narasi ini tidak bersifat menyeluruh karena baik perempuan maupun laki-laki dapat berbuat dosa dari mana saja.

“Namun Jika dikaitkan dengan beberapa fakta ilmiah ternyata benar adanya jika kebanyakan dosa yang dibuat oleh wanita bisa saja lebih banyak berasal dari mulut mereka, sementara dosa pria lebih banyak berasal dari mata (pandangan) mereka,” tulisan dr Wahyu Triasmara dalam unggahan tersebut.

Dia menjelaskan terdapat sejumlah penelitian yang berkaitan dengan narasi tersebut. Salah satunya pada penelitian yang dilakukan oleh Louann Brizendine, pendiri dan direktur dari pusat kajian hormon dan mood wanita  University of California, yang diterbitkan The Female Brain.

”Salah satu kesimpulan dalam penelitian tersebut yakni mengklaim bahwa perempuan berbicara rata-rata 20.000 kata per hari, hampir tiga kali lipat dari laki-laki yang mengucapkan 7.000 kata perhari,” lanjutnya.

Terdapat penelitian serupa, yang dilakukan oleh  Jukka-Pekka “JP” Onnela asisten professor biostatistics di Harvard School of Public Health (HSPH). Meski tidak spesifik, JP onnela menyebut bahwa perempuan lebih banyak berbicara (berinteraksi sosial).

Penelitian kedua, kata Wahyu, laki-laki benar-benar melihat tubuh perempuan lebih dari wajah mereka. ”Menurut sebuah studi yang menggunakan teknologi eye-tracking untuk membuktikan apa yang diamati pria pada perempuan,” imbuhnya.

Loading...

Dia menjelaskan, ada penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog sosial Sarah Gervais dari University of Nebraska-Lincoln. Psikolog sosial tersebut meneliti sebanyak 36 laki-laki yang telah dilengkapi sistem pelacak sensor gerak mata, dimana alat ini mampu mengukur dalam milidetik berapa lama mata menatap/melihat pada titik-titik tertentu.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa tatapan para laki-laki bereaksi terhadap foto-foto perempuan dari yang bertubuh kurus hingga berisi. Didapatkan mata-mata laki-laki ini lebih banyak tertuju pada bagian dada dan pinggang perempuan.

”Dan lebih sedikit yang condong untuk melihat  wajah obyek gambar yang dilihat. Gambar wanita dengan payudara yang lebih besar, pinggang dan pinggul  langsing lebih lama dan banyak dilihat,” imbuhnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Wahyu pun menyimpulkan dari penelitian tersebut, diketahui penyebab kenapa para perempuan dikonotoasikan sebagai  biang gosip, cerewet atau hal-hal yang terkait dengan aktifitas mulut mereka. Sementara laki-laki lebih dikonotasikan sebagai mata keranjang karena dikaitkan aktifitas penglihatan mereka.

”Namun sekali lagi urusan dosa adalah urusan pribadi manusia dengan Tuhan. Disini saya hanya mengkaitkan mengenai studi dengan potensi dosa yang dibuat manusia,”  paparnya.

”Semoga penjelasan ilmiah dari apa yang saya jabarkan diatas dapat membuat kita makin berhati dalam menjaga pandangan dan ucapan. Berbicaralah yang baik-baik dan hindarilah pandangan yang dapat menjurus pada perbuatan zina mata,” pungkasnya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: