Kerajinan Kerang Laminasi asal Kota Magelang Diekspor ke Amerika Serikat

BNews—MAGELANG— Sejumlah produk home decor kerang laminasi milik CV Sabila Multi Kreasindo yang beralamat di Kampung Trunan, Kota Magelang diekspor ke Amerika Serikat.

Wakil Wali Kota Magelang, M. Mansyur berkesempatan untuk melepas ekspor perdana home decor kerang laminasi dari halaman Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang pada Kamis (6/10/2022).

Pelepasan ditandai dengan pemotongan pita dan pemecahan kendi di samping mobil kontainer pengangkut barang ekspor. Turut hadir Kepala Pusat SDM Ekspor dan Jasa Perdagangan Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan RI, Sugih Rahmansyah.

Hadir pula Kepala Disperindag Jawa Tengah M Arif Sambodo, Kepala Disperindag Kota Magelang Syaifullah, Asisten 2 Setda Kota Magelang Chrisatya Yonas Nusantrawan Bolla, Owner CV Sabila Multi Kreasindo Prajoko, Direktur Syarif Ihsanudin, dan pejabat dari Bank Indonesia Jawa Tengah.

M Mansyur mengaku bangga dengan ekspor perdana secara mandiri oleh perajin kerang simping binaan Disperindag Kota Magelang ini. Menurutnya, keberhasilan tersebut berkat kerja keras yang berliku dan waktu yang tak singkat.

Nilai ekspor perdana produk dekorasi kerang laminasi tersebut mencapai 33.345 US Dollar atau setara dengan Rp 500 juta.

“Untuk menembus pasar ekspor itu tidak mudah, apalagi meraih hati konsumen Amerika yang diketahui memiliki standar tinggi. Pemkot Magelang akan terus mendukung perkembangan ke depannya dan semoga pelaku UMKM lain termotivasi sama seperti usaha milik Pak Prajoko ini,” ujarnya.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Kepala Disperindag Jawa Tengah, M Arif Sambodo mengutarakan, Kota Magelang merupakan salah satu penyumbang ekspor di Jawa Tengah. Berdasarkan data dari penggunaan Dokumen Keterangan Asal (DKA) di Jateng, pada periode Januari-Agustus 2022, ekspor non migas Kota Magelang mencapai US$ 3,12 juta.

“Angka ini merupakan sumbangsih dari 24 eksportir di Kota Magelang. Produknya didominasi barang dari kayu (albasia bare core), rempah-rempah, dan barang dari plastik,” katanya.

Arif menjelaskan, CV Sabila Multi Kreasindo merupakan salah satu peserta Export Coaching Program (ECP) 2019. Pada tahun 2019 berhasil ekspor perdana ke Korea Selatan senilai US$ 2.100 dan tahun ini ekspor perdana secara mandiri ke Miami, Florida, Amerika Serikat sebanyak 1 kontainer 20 ft senilai US$ 32,345 atau Rp 500 juta.

“Pelepasan ekspor hari ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa bagi CV Sabila Multi Kreasindo bila dibandingkan ekspor perdananya saat masih mengikuti program ECP 2019. Kami harap pelaku UMKM lain di Jateng dapat mengikuti jejak dari CV Sabila ini,” paparnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!