Keren !!! Desa Di Mertoyudan Ini Gelar Program Padat Karya Tunai Pakai Secara Mandiri

BNews–MAGELANG– Seda Sukorejo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang menggelar program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Dimana kegiatan itu berlangsung mulai tanggal 19-22 April 2021.

Kegiatan tersebut menyasar jalan dan saluran air (selokan) untuk dibersihkan. Dan diikutio sejumlah warga.

Kepala Desa Sukorejo Slamet Widjayani, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberdayakan warga desa, dengan anggaran dari Dana Desa. Serta membuat lingkungan desa lebih bersih.

“Terdapat 110 warga desa yang terlibat dalam program ini, yang dilaksanakan di tiga titik. Yakni titik Kali Gending, jalan Dusun Bintaro-Klentengan dan jalan penghubung Desa Sukorejo-Kalinegoro,” katanya (22/4/2021).

Dari 110 warga tersebut, lanjutnya 40 persennya adalah ibu-ibu rumah tangga, yang turut dalam program ini.

“Harapannya program ini dapat memberikan pemasukan tambahan bagi warga,” harapnya.

Secara teknis, upah diberikan warga setiap harinya usai bekerja. Dengan durasi waktu kerja mulai pukul 08.00 WIB, istirahat tengah hari, kemudian dilanjutkan hingga selesai pukul 14.30 WIB.

“Warga bekerja sesuai dengan jam kantor, upah diberikan setiap harinya sebesar Rp 60 ribu. Sasaran PKTD hanya sebatas bersih-bersih lingkungan saja. Kali ini belum ada pembangunan fisik. Desa lainnya juga melaksanakan kegiatan serupa, namun ada yang dilaksanakan sebelum Bulan Ramadhan,” ungkap Slamet.

Salah satu warga peserta PKTD, Iasrono warga Dusun Seden Desa Sukorejo Mertoyudan, mengatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini.

“Ya hasilnya lumayanlah bisa untuk beli kue Lebaran,” tutur Iasrono, yang sehari-hari bekerja serabutan.(*/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: