Ketahui Cara Mengecilkan Paha dan Betis, Salah Satunya Naik Turun Tangga

BNews—OLAHRAGA— Sama seperti bagian tubuh lainnya, paha dan betis juga bisa mengalami penumpukan lemak. Jika dibiarkan, lemak yang menumpuk akan membuat paha dan betis terlihat lebih besar dan bentuk tubuh menjadi tidak proporsional.

Sebagian orang ingin mengecilkan paha dan betis agar kedua bagian tubuh tersebut bisa terlihat ramping. Cara mengecilkan paha dan betis umumnya dilakukan dengan berbagai gerakan olahraga yang melibatkan penggunaan otot kaki, termasuk otot di paha dan betis.

Jika kedua otot tersebut digunakan untuk bergerak secara rutin, proses pembakaran lemak pun akan terjadi sehingga paha dan betis mengecil. Berikut ini adalah beberapa gerakan olahraga yang mudah untuk dilakukan sebagai cara mengecilkan paha dan betis:

1. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan cara mengecilkan paha dan betis yang paling mudah dilakukan. Meskipun terkesan sepele, berjalan kaki secara rutin setiap hari dapat mengencangkan otot paha dan betis Anda. Otot yang kencang tentunya akan membuat penampilan kedua bagian tubuh tersebut menjadi lebih kecil.

Tak hanya itu, jalan kaki juga diketahui bermanfaat untuk memperkuat tulang sehingga dapat mengurangi risiko Anda terkena osteoporosis.

2. Joging

Joging atau berlari selama 30–45 menit juga dapat menjadi cara mengecilkan paha dan betis. Pasalnya, joging membuat seluruh otot tubuh bagian bawah bergerak aktif dan memicu pembakaran lemak berlebih yang menjadi penyebab paha dan betis terlihat besar.

Bila dilakukan secara rutin, joging tidak hanya dapat membakar lemak dan kalori tubuh, tetapi juga membentuk serta mengencangkan paha dan betis, serta membuat tubuh tampak lebih atletis dan proporsional.

3. Naik turun tangga

Naik turun tangga juga menjadi salah satu cara mengecilkan paha dan betis yang bisa Anda lakukan. Aktivitas ini akan meningkatkan penggunaan otot di paha dan betis, sehingga dapat mengencangkan sekaligus membakar lemak berlebih di kedua bagian tubuh tersebut.

Perlu diingat, naik turun tangga harus dilakukan dengan hati-hati. Pastikan Anda memperhatikan setiap langkah dan memijak anak tangga dengan kuat. Hal ini bertujuan agar Anda tidak terpeleset dan dapat terhindar dari cedera.

4. Lompat tali

Ketika Anda melakukan lompat tali, otot di paha dan betis akan lebih banyak berkontraksi. Hal itu tentunya akan membuat otot-otot tersebut menjadi kencang serta membakar lemak berlebih di paha dan betis. Oleh karena itu, lompat tali menjadi salah satu cara mengecilkan paha dan betis yang cukup efektif.

5. Bersepeda

Cara mengecilkan paha dan betis yang mudah dilakukan selanjutnya adalah bersepeda. Ketika Anda mengayuh pedal sepeda secara terus-menerus, kalori serta lemak di paha dan betis pun akan terbakar.

Selain itu, bersepeda juga dapat memperkuat otot-otot kaki, termasuk otot di paha dan betis, sehingga kedua bagian tubuh tersebut bisa tampak lebih kecil dan kencang.

Sebelum mempraktikkan berbagai cara mengecilkan paha dan betis di atas, lakukanlah pemanasan agar manfaat yang didapatkan bisa lebih optimal dan membuat Anda terhindar dari cedera.

Selain itu, pastikan juga untuk melakukan pendinginan setelah Anda mencoba berbagai cara tersebut. Pendinginan dapat mencegah kram di otot paha dan betis serta membantu tubuh kembali rileks.

Jika Anda berencana untuk mengecilkan paha dan betis tetapi pernah atau sedang mengalami cedera pada kedua bagian tubuh tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran mengenai cara mengecilkan paha dan betis yang sesuai dengan kondisi Anda.

Sumber: alodokter

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: