KNPI Magelang Gerakan Pemuda Dampingi Belajar Anak

BNews—MAGELANG—Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Magelang melaksanakan pendampingan anak didik yang sedang belajar daring. Hal tersebut sebagai upaya untuk membantu siswa yang kesulitan belajar daring.

Ketua KNPI Kabupaten Magelang, Ariyanto, mengatakan pihaknya menggandeng para pemuda di semua komunitas untuk melakukan pendampingan belajar bagi siswa. Hal ini karena tidak semua orang tua memiliki waktu dan kemampuan seperti penyediakan kuota internet untuk kelancaran belajar daring anak-anaknya.

”Kami merasa prihatin dengan keadaan ini (kesulitan belajar). Maka kami dorong KNPI kecamatan, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda dan Karang Taruna serta Lembaga Pemberdayaan Pemuda Desa untuk meringankan beban masyarakat dengan cara mendampingi anak anak belajar. Jika memungkinkan fasilitasi dengan berbagi sambungan internet” katanya.

Menurut Ari, guna kelancaran sekolah berbasis daring, pemerintah dapat menggandeng semua potensi yang bisa diberdayakan seperti PKK, Karang Taruna, OKP dan relawan yang lain untuk mendampingi siswa dan orang tuanya.

Ketika pendampingan di salah satu rumah warga di Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid, hari Kamis (3/9/2020), KNPI Kabupaten Magelang menemukan persoalan lain. Yakni ada orang tua yang mulai kewalahan saat mendampingi anaknya belajar daring, sementara orang tua juga harus bekerja.

Salah satu wali murid, Sulasti menyebut bahwa pembelajaran siswa sekarang berbeda dengan zamannya saat sekolah dulu. Perbedaan tersebut menjadi salah satu kendala saat mendampingi siswa belajar daring.

”Saya bingung mendampingi belajar cucu saya karena pelajarannya berbeda dari zaman saya sekolah dulu,” ujarnya.

Loading...

Sementara itu, salah satu relawan pendampingan belajar daring, Ferry menyampaikan bahwa membutuhkan kesabaran dalam mendampingi anak-anak saat belajar daring. Selain karena kurikulumnya yang baru, para siswa mudah tergoda untuk bermain.

”Para pelajar sudah mulai merasa bosan dengan cara belajat semacam ini,” pungkasnya. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: