Hore, Produk-Produk UMKM Kota Magelang Sudah Bisa Dibeli di Indomaret

BNews—MAGELANG— Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang berupaya untuk membantu pelaku UMKM memasarkan produk-produknya. Salah satunya bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (perusahaan yang menaungi Indomaret).

Dengan kerja sama tersebut, kini produk-produk UMKM unggulan Kota Magelang tersedia di Indomaret di seluruh Kota Magelang.

Kepala Disperindag Kota Magelang, Catur Fajar Budi Sumarmo mengatakan, Pemkot Magelang membantu dan memfasilitasi para pelaku UMKM agar dapat memasarkan produk-produknya lebih luas.

“Alhamdulilah, sejak 28-29 Juni 2021 ada 10 Indomaret di wilayah Kota magelang sudah memasarkan 17 produk UMKM Kota Magelang,” kata Catur, Kamis (30/6/2021). Dilansir dari humas.magelangkota.go.id.

Dia menjelaskan, kerjasama Pemkot Magelang dengan PT Indomarco Prismatama dimulai sejak Januari 2021. Kerjasama diawali dengan pelatihan pemasaran oleh manajemen perusahaan tersebut kepada 75 pelaku UMKM Kota Magelang.

Kemudian, mereka menyediakan gerai di Indomaret khusus untuk mendisplay dan menjual produk-produk UMKM maupun IKM. Yang mana sebelumnya sudah dikurasi.

“Dalam kerjasama ini, pelaku UMKM juga dilatih untuk memiliki mental yang kuat, apabila produk yang di pasarkan tidak laku maka pengusaha harus kuat dan jangan patah semangat,” tandas Catur.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Selain di minimarket itu, kata Catur, pihaknya juga membantu menjembatani pelaku UMKM dengan toko-toko modern di Kota Magelang, seperti Trio dan Gardena. Meskipun belum banyak, sejauh ini sudah ada beberapa produk UMKM yang sudah dijual di toko-toko tersebut.

Awal Juli 2021 ini, pihaknya akan bekerjasama serupa dengan Toko-toko Sampoerna Ritel Company (SRC) yang tersebar di Kota Magelang.

“Ada sekitar 50 toko yang bekerja sama dengan SRC di 17 kelurahan di Kota Magelang. Nanti akan ada pelatihan lagi dan mengundang toko-toko yang sudah bekerjasama dengan SRC. Ini ntuk membantu teman-teman UMKM dan memasarkan produknya,” papar Catur.

Di samping itu, produk UMKM Kota Magelang yang sudah dikurasi atau seleksi juga masuk di aplikasi “Magelang Smart City” (Magesty). Lewat aplikasi ini produk mereka terpasarkan, dan masyarakat pun mudah berbelanja.

“Ya, yang masuk di Magesty ada syarat dan dikurasi dulu. Sebab khawatir kalau langsung dimasukkan, lalu ada konsumen membeli tapi barang tidak siap,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: