Lahan Pertanian Makin Sempit, Ini Solusi Pemprov Jateng

BNews—JATENG—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah terus berusaha agar lahan produktif diwilayahnya tidak dialih fungsinya. Jateng terkenal sebagai sentra produksi pertanian dan pangan, misalnya beras.

Jika petani mengalih fungsikan lahannya, dinilai menjadi ancaman bagi pertanian di Indonesia. Berdasar Data dari Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Jateng, penyusutan lahan baku sawah di Jateng selama rentang 2013- 2019 mencapai 54.113 hektar.

“Kami terus berupaya salah satunya dengan mendorong pemerintah kabupaten/kota agar menyusun Perda (Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang memuat Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan (KP2B),” ungkap Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Distanbun Jateng, Tri Susilardjo, Minggu (7/6/2020).

Saat ini, beberapa daerah yang telah memiliki Perda RTRW antara lain Brebes, Batang, Demak, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, dan Pemalang. Dengan adanya perda tersebut, menjadi payung hukum yang diharapkan bisa mencegah alih fungsi.

”Agar petani tidak menjual lahannya, mereka diberikan bantuan antara lain alat pertanian, benih, dan sebagainya. Juga perlindungan melalui asuransi usaha tani padi, program ini utamanya ditujukan kepada para petani kecil yang luas lahannya di bawah setengah hektar,” jelasnya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Lanjut Tri, pemprov telah memiliki instrumen hukum yakni Perda No 2 Tahun 2013 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Provinsi Jawa Tengah. Perlu diketahui dunia industri dan investasi tengah digenjot pemerintah.

Namun, di sisi lain industri bisa saja didirikan di lahan pertanian. ”Seperti di Brebes misalnya, petani bawang yang tidak memiliki lahan atau hanya mengolah saja khawatir mata pencaharian hilang lantaran menyempitnya lahan pertanian dan tergantikan kawasan industry,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: