Lebaran Ke Magelang, Warga Jogja Diperbolehkan

BNews–MAGELANG– Penyekatan terus dilakukan di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan Yogyakarta oleh jajaran Polres Magelang dan tim gabungan lainnya. Hal itu dilakukan sejak 6 Mei 2021 kemarin, dan ratusan kendaraan dengan plat nomor luar daerah diputar balikan.

Namun meskipun demikian, warga Yogyakarta yang akan berlebaran di Magelang diperbolehkan. Seperti yang disampaikan sebelumnya, penyekatan dan pemeriksaan kendaraan dilaur plat nomor AA dan AB.

Kasubag Humas Polres Kabupaten Magelang Iptu Abdul Muthohir SH ketika ditanya soal itu menyatakan boleh.

Menjawab pertanyaan suarabaru.id  tentang warga asal Magelang yang bekerja di Yogya dan memiliki KTP Yogya, bolehkah berlebaran di Magelang, menurut dia sementara boleh.

“Bisa. Memang ada wacana antarkota dibatasi. Tapi belum ada SK bupati,” jelasnya.

Pada Sabtu 8 Mei 2021 pukul 01.30 sampai 04.30 WIB telah dilaksanakan kegiatan penyekatan pemudik dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2021. Dalam kegiatan itu diikuti petugas Pos Pam Salam sebanyak 10 orang, TNI dua orang,  Dishub satu orang. Juga delapan anggota Brimob dan tiga dari PJR Polda.

Sebelumnya diberitakan, Polres Magelang mencatat telah memutarbalikkan 137 kendaraan yang terindikasi mudik selama tiga hari pelaksanaan pelarangan mudik sejak 6 Mei 2021.

Untuk kendaraan yang diminta putar balik itu terdiri dari sepeda motor (16), mobil penumpang (106) dan mobil barang (15).

”Jumlah kendaraan yang diminta putar balik mulai 6-8 Mei 2021 sebanyak 137 kendaraan,” kata dia.

Sedangkan jumlah total kendaraan yang diperiksa selama tiga hari larangan mudik tersebut sebanyak 2241 kendaraan.

”Terdiri dari sepeda motor (997), mobil penumpang (1026), mobil bus (18), mobil barang (200),” imbuh Thohir.

Lebih lanjut, Thohir memaparkan bahwa dalam masa penyekatan tersebut juga dilakukan rapid tes antigen kepada pelaku perjalanan secara acak. Hal ini guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

”Hingga tiga hari penyekatan ini ada 130 orang yang di rapid tes antigen dan semuanya negatif,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: