Longsor di Sambeng Tutup Jalur Alternative Borobudur-Kalibawang

BENCANA : Material longsor menutup ruas jalan Borobudur-Kalibawang di Dusun Sambeng Borobudur (25/1)--(Foto--Istimewa)

BENCANA : Material longsor menutup ruas jalan Borobudur-Kalibawang di Dusun Sambeng Borobudur (25/1)--(Foto--Istimewa)

BNews—BOROBUDUR—Longsor terjadi di jalur alternative Borobudur, Magelang, Jawa Tengah menuju Kalibawang,Kulonprogo Yogyakarta tadi malam (24/1). Akibatnya material longsor menutup badan jalan sehingga akses dari kedua arah tidak bisa dialui kendaraan jenis apapun.

 

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edi Susanto pagi ini (25/1) mengatakan bahwa kejadiannya tadi malam pukul 19.00 wib. “Untuk titik longsor masuk wilayah Dusun Sambeng 2 Desa Sambeng Kecamatan Borobudur Kabupaten Magleang,” katanya.

 

Diduga hal ini disebabkan karena terjadi hujan deras sejak pukul 14.00 wib hingga waktu kejadian tidak berhenti. “Longsor tersebut berasal dari tebing pinggir jalan dengan ketinggian kurang lebih 15 meter, untuk material longsor menutup jalan dengan panjang 5 meter dan ketebalan hingga 2 meter,” imbuhnya.

 

Tidak hanya menutup jalur alternative tersebut saja material longsor tersebut namun juga menutup akses jalan menuju Dusun Kedungan Desa Sambeng Kecamatan Borobudur. “Untuk sementara jalur Borobudur-Kalibawang dialihkan melalui jalur Kecamatan Muntilan,” jelasnya.


 

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Pemdes, TNI-Polri dan relawan untuk membantu warga dalam membersihkan material tersebut, namun tetap antisipasi cuaca karena tebing sisanya masih berpotensi longsor pagi ini,” pungkasnya. (bsn)

error: Content is protected !!