Mahasiswa Unimma Kembangkan Pendidikan Berbasis Lingkungan

BNews—MAGELANG— Menanamkan semangat menjaga lingkungan dan pelestariannya kepada anak didik harus dilakukan sejak dini. Hal ini yang mendorong Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) mencetuskan program pendidikan berbasis lingkungan.

Kegiatan yang dilakukan melalui program
PPMT (Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu) kali ini dilakukan mahasiswa Unimma di SD Islam Al-Iman Kota Magelang.

“KKN kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sesuai namanya PPMT (Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu) maka program ini memang dibentuk supaya kegiatan KKN saat ini lebih terfokus pada bidang atau jurusan masing-masing mahasiswa” tutur Hijrah selaku ketua pelaksana PPMT.

Program pengabdian di SD Islam Al Iman ini diikuti lima mahasiswa. Diantaranya Karenina Tasaq Elsa Saputri, Elsa Nurfa Zuraida, Aldiansyah Dwi Pradana, Hisyam Fahrudin dan Haris Ardhana

Mereka menfokuskan pengembangan pendidikan berbasis lingkungan. Dengan program berjudul Pendampingan pembelajaran Blended Learning serta membangun kesadaran siswa untuk melestarikan lingkungan di SD Islam Al-Iman Kota Magelang”.

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan semangat anak-anak didik dalam belajar. Kemudian diiringi sikap akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama di masa pandemi Covid-19.

Menurut para mahasiswa program itu kemudian diimplementasikan lebih rinci dan riil ke dalam materi pembelajaran. Baik secara terori maupun praktek.

Download Aplikasi BorobudurNews (Klik Disini)

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengajak siswa mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai. Seperti menghias atau melukis pada  ember cat bekas. Adapun tujuan dari program tersebut mengajarkan siswa untuk mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat dimanfaatkan.

Kemudian, dilaksanakan pula kegiatan optimalisasi pengelolaan perpustakaan sekolah. Salah satunya dengan menghias dan menempelkan berbagai macam poster pada setiap sudut perpustakaan

Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya tarik dan minat baca siswa. Program berikutnya adalah pendampingan konseling pada siswa melalui media gambar atau poster.

Menanggapi hal itu, pihak Sekolah sangat  antusias dan menyambut baik. “Kami tentunya sangat senang dapat menjadi tuan rumah bagiprogram PPMT UNIMMA, karena ini pertama kalinya kami menjadi tuan rumah. Kami sangat merasa terbantu akan adanya  program PPMT tersebut,” kata Kepala Sekolah SD Islam Al-Iman Noor Fatimah Azzahro.

Dia berharap kedepan kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan di SD Islam Al Iman. “Semoga silaturahmi antara UNIMMA dan SD Islam Al-Iman dapat terus berjalan denganbaik”  tambah dia.

PPMT tersebut dilaksanakan kurang lebih satu bulan dan berjalan dengan maksimal. Juga diterima dengan mudah oleh peserta didik. (adv/her)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!