Malioboro Jadi Kawasan Wajib Vaksinasi dan Masker, Petugas Jogoboro Disebar

BNews—JOGJAKARTA— Kawasan Malioboro dan Stasiun Tugu Jogjakarta ditetapkan sebagai kawasan wajib vaksinasi dan wajib pakai masker. Pengunjung di kawasan ini nantinya akan diminta menunjukkan kartu vaksin.

”Jadi pengunjung atau wisatawan jangan terkejut jika nanti ada petugas yang menanyakan apakah sudah vaksin atau belum. Dan diminta menunjukkan kartu vaksin saat berada di Malioboro,” kata Haryadi Suyuti di sela pencanangan Malioboro dan Stasiun Tugu sebagai kawasan wajib vaksinasi dan pakai masker Rabu (11/8).

Haryadi mengatakan bahwa petugas pengamanan Kawasan Malioboro atau Jogoboro akan rutin melakukan pemeriksaan secara acak kepada pengunjung kawasan wisata tersebut. Salah satunya untuk mengecek apakah mereka sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

Pengunjung yang belum mendapat suntikan vaksin Covid-19 akan diarahkan untuk menjalani vaksinasi di Stasiun Tugu. ”Sebagai kawasan wajib vaksin, maka kami pun memiliki kewajiban untuk menyediakan layanan vaksinasi yang bisa diakses mudah oleh masyarakat,” terangnya.

Ia menyampaikan bahwa Malioboro ditetapkan sebagai kawasan wajib pakai masker dan vaksinasi karena sering didatangi banyak wisatawan dari luar daerah. Dan para pedagang di kawasan itu juga sudah divaksinasi.

”Jadi, kalau ada orang dari luar yang masuk Malioboro maka wajib ditanya apakah sudah vaksin atau belum. Dengan menjadi kawasan wajib masker dan vaksin, maka diharapkan potensi penularan Covid-19 bisa ditekan,” tegasnya.

Menurut Haryadi, dalam penanganan Covid-19, tidak ada hal terbaik yang bisa dilakukan saat ini selain mewajibkan seluruh masyarakat menjalani vaksinasi. Selain itu, Pemerintah Kota Jogjakarta berencana memperbanyak kawasan wajib masker dan vaksinasi di wilayahnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

”Nantinya, kami akan tetapkan Kota Jogjakarta sebagai kota wajib masker dan vaksin. Jadi, siapa saja yang masuk ke Jogja sudah harus divaksin dan selalu memakai masker,” jelasnya.

Di beberapa jalan masuk ke Kota Jogjakarta, Haryadi mengatakan, nantinya akan dipasang informasi bahwa Jogja adalah kota wajib vaksinasi dan pakai masker. ”Kami mendukung sepenuhnya pencanangan kawasan wajib vaksinasi dan pakai masker di Kota Jogjakarta,” ucap Wakil Presiden Eksekutif PT KAI Daerah Operasi 6 Jogjakarta, Asdo Artriviyanto. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: