IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Mantap, Gerakan “Jogo Tonggo” Ala Dusun Mertoyudan Saling Menguatkan Antar Warga

BNews–MERTOYUDAN– Strategi “Jogo Tonggo” yang disarankan Gubernur Jawa Tengah dilaksanakan dengan baik oleh warga di Mertoyudan ini. Mereka membuat program bantuan sosial dari warga dan untuk warga di tengah Pandemi Covid-19 ini (14/5/2020).

Inisiatif tersebut secara kompak dilakukan oleh warga Dusun Mertoyudan Kelurahan/Kecamatan Mertoyudan. Dimana wilayah ini merupakan ibu kota Kecamatan yang terdiri dari 12 RT dan 4 RW.

Kepala Dusun Mertoyudan, Susilo mengatakan pihaknya menggalang dana dari warga untuk program ini. Hingga tanggal 14 Mei 2020 ini terkumpul Rp 17 juta. “Ini merupakan murni inisiatif dari JPZIS Masjid Mujahidin dan relawan peduli dampak covid 19 dusun Mertoyudan. Penggalangan dana kami mulai sejak 5 Mei 2020 lalu hingga hari ini,” katanya.

Tidak hanya berupa uang, lanjutnya pihaknya juga berhasil mengumpulkan sumbanan berupa Beras 215 kg, Mie instan 490 bungkus, Gula 25 kg dan Minyak 79 liter. “Seluruh bantuan tersebut telah dibagikan kepada warga yang berhak menerima,” imbuhnya.

Selain bansos, menurutnya guna mengantisipasi mewabahnya covid 19 di Dusun Mertoyudan telah sebulan lebih mendirikan posko penjagaan. “Setiap yang masuk diwajibkan memakai masker dan cuci tangan serta pemeriksaan suhu tubuh menggunakan termometer tembak. Posko ini dijaga selama 24 secara bergiliran oleh seluruh warga melalui penjadwalan per Rt,” tandasnya.

OPERASI TEMPAT KOS

Sementara Koordinator Lapangan Andi Ariyanto menambahkan upaya antisipasi dari mewabahnya covid 19 lainnya adalah pendataan kos-kosan yang ada di dalam Dusun Mertoyudan. “Secara berkala relawan dan limas mengadakan pemeriksaan atau penertiban kos-kosan. Penghuni kos yang kedapatan tidak memiliki KTP atau tidak jelas identitasnya diharuskan untuk segera menertibkan diri,” tambahnya.

Loading...

Mereka (Penghuni Kos) yang tidak jelas identitasnya, lanjutnya diminta  atau mengurus kelengkapan identitas jika tidak maka sanksi tegas dilakukan. “Upaya tersebut dilakukan tak lain sebagai upaya kepedulian dan rasa kebersamaan kami. Serta untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga dusun Mertoyudan,” paparnya.

Andi mengungkapkan, segala bentuk upaya tersebut  mendapat dukungan sepenuhnya dari seluruh warga. “Kondisi yang terjadi di wilayah dusun diinformasikan melalui group W A “rembug Warga Dusun Mertoyudan. Pemanfaatan WA grup tersebut sejauh ini dinilai positif dan efektif untuk melakukan koordinasi dan saling berkomunikasi antar warga,” ungkapnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh warga Dusun Mertoyudan ini kiranya patut mendapat apresiasi dan bisa menjadi inspirasi bagi dusun-dusun yang lain. “Tentunya bisa menjadi contoh dalam melakukan usaha bahu membahu, gotong royong ditengah pandemi yang masih mewabah ini,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: