Massa Lintas Ormas Islam Unjuk Rasa di Halaman Polres Magelang

BNews–MUNGKID—Massa lintas organisasi Islam se Jawa menggelar aksi unjuk rasa di Halaman Mapolres Magelang, siang tadi (7/2/2020). Mereka menggelar aksi damai doa bersama dan penggalangan dana.

Aksi digelar meresmpon kasus kasus perusakan Masjid Al-HIdayah di Agape Minahasa Utara Sulawesi Utara beberapa waktu lalu. Mereka mewakili umat islam se Pulau Jawa memberikan beberapa pernyataan sikap terkait hal tersebut.

Koordinator Lapangan, Anang Imammudin mengatakan gerakan ini sebagai simbol kekompakan dan kebangkitan umat islam di Pulau Jawa. “Ini sebagai salah satu bentuk kepedulian kita kepada sesama umat islam di Minahasa. Kami sangat kecewa dengan kasus pengrusakan masjdi AL-Hidayah disana, itu membuat kami marah,” katanya.

Pihaknya menyampaikan beberapa tuntutan dalam aksi tersebut. Pertama mengutuk keras perbuatan kriminal pengrusakan masjid di Minahasa Utara. Kedua meminta kepada aparat keamanan dalam hal ini instansi Polri untuk mengusus tuntas kasus ini hingga aktor dibelakangnnya.

Ketiga pihak Polri menjamin dan menjaga keamanan beribadah umat muslim disana. Keeampat dan terakhir menghimbau kepada seluruh laskar islam di Pulau Jawa untuk menahan diri, percayakan kepada pihak berwajib.

Anang mengaku, pihaknya tidak akan berjihad ke Minahasa Utara jika instansi kepolisian bisa profesional menanganinya. “Kami berharap respon dari Kapolres Magelang untuk menyampaikan peryataan sikap kami kepada Kapolri,” harapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara Penasehat FAUIB Jateng, Zaenal Petir menambahkan pelaku yang sudah diamankan terkait kasus itu, tolong gunakan undang-undang Ormas. “Hukuman 5 tahun itu kurang, gunakan undang-undang yang ancaman hukumannya 20 tahun penjara, jika perlu bubarkan ormas tersebut. Berikan shock terapi bagi mereka agar tidak terulang kembali,” tambahnya.

“Sampaikan ke Kapolri dan Pemerintah pusat, mereka harus mengutuk perbuatan tidak terpuji di Manahasa Utara tersebut,” tegasnya.

NEWS: Kapolres Magelang AKBP Pungky Bhuana Santoso saat menemui rombongan massa di halaman mako Polres Magelang (7/2/2020)-(Foto: bsn)
NEWS: Kapolres Magelang AKBP Pungky Bhuana Santoso saat menemui rombongan massa di halaman mako Polres Magelang (7/2/2020)-(Foto: bsn)

Kapolres Magelang, AKBP Pungky Bhuana Santoso menyambut baik aksi mereka. “Saya mengerti dan memahami apa yang saudara saudara rasakan. Dan saya sepakat penegak hukum untuk mengusut tuntas kasus tersebut,” sambutnya.

“Semoga kejadian tersebut menjadi hikmah kita bersama. Di Magelang khususnya akan selalu damai berdampingan dan kasus di Minahasa lekas selesai,” harapnya usai menerima surat tuntutan dari massa. (bsn/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: