Masuk Wilayah Magelang dan Jateng Diwajibkan Bawa Hasil Rapid Test

BNews–JATENG– Bagi para pendatang yang akan masuk ke Jawa Tengah pada masa libur akhir tahun diwajibkan mengantongi hasil negatif Covid-19. Yakni berdasarkan rapid test antigen.

Rencananya rapid test antigen tersebut juga akan digelar secara acak di sejumlah rest area perbatasan dan tempat wisata di Jateng pada masa libur Natal dan Tahun Baru.

 Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 seperti yang terjadi saat masa libur panjang Oktober lalu.

“Di Borobudur (Megelang), Prambanan (Klaten), Tawangmangu (Karanganyar), Dusun Semilir (Kabupaten Semarang), Dieng (Wonosobo), dan Baturaden (Banyumas) akan dilakukan screening rapid terhadap wisatawan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Jateng Satriyo Hidayat (17/12/2020)

Selain itu, Dinas Kesehatan juga akan melakukan rapid test antigen secara acak terhadap pendatang di sejumlah rest area di wilayah Pantura.

“Screening bagi pengguna jalan akan dilakukan di rest area KM 260B, 379A, 429, 456A, 456B,” jelasnya.

Sementara Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, telah mengeluarkan surat pemberitahuan pada 16 Desember 2020.

Dimana surat tersebut perihal kewajiban penunjukan Hasil Rapid Test bagi pengunjung luar daerah. Dan ditunjukan kepada Dinas Pariwisata di 35 Kota/Kabupaten di Jawa Tengah, dan asosiasi pariwisata lainnya.

Selain itu, dalam surat bernomor 556/3502 tersebut perihat antisipasi peningatakan covid-19, berdasarkan SE Gubernur Jawa Tengah nomor 443/0017480. Antara lain tidak mengijinkan penyelenggaraan acara/kegiatan/event perayaan akkhir tahun baru. Termasuk selebrasi kemenangan khusus bagi daerah yang menjalankan Pilkada.

Lalu, mewajibkan seluruh anggita asosiasi untuk mewajibkan pengunjung atau customer usaha pariwisata yang dikelola; untuk menunjukan bukti atau hasil pemeriksaan rapis tes antigen bagi masyarakat luar daerah Jawa Tengah. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: