Mengenal Dan Menjelajahi Museum OHD Magelang

BNews–MAGELANG-– Magelang tidak hanya terkenal karena Candi Borobudur serta alamnya  yang menawan. Ternyata banyak tempat menarik lainnya di Magelang.

Sekitar satu kilometer dari alun-alun kota Magelang, dapat ditemukan sebuah museum seni rupa yang namanya kerap disebut pemerhati seni dari luar  negeri.

Namanya memang belum setenar Galeri Nasional dan Museum Macan di  Jakarta atau Museum ARMA di Bali. Tetapi banyak ahli dan pecinta seni mengatakan  bahwa Museum OHD di Jalan Jenggolo, Kemirirejo, Magelang adalah museum seni  rupa terbaik di Indonesia.

Nama OHD diambil dari nama kolektor seni bernama Oei Hong Djin, seorang dokter yang juga pengusaha tembakau di Magelang. Dr. Oei mulai mengumpulkan lukisan karya seniman Indonesia sejak dekade 1970-an.

Kini, koleksinya mencapai lebih dari dua ribu lukisan, patung, instalasi, maupun media seni baru.  Lokasi Magelang yang dekat dengan Yogyakarta, tempat banyak seniman papan atas Indonesia bermukim, memudahkan hobinya mengoleksi karya-karya seni bernilai  tinggi.

Menjelajahi Museum OHD berarti mengamati lebih dari seratus tahun perkembangan seni Indonesia. Dimulai  dengan lukisan-lukisan Romantisisme Indonesia karya Raden Saleh hingga media tiga dimensi kontemporer karya Eko Nugroho.

Museum OHD bukan hanya menjadi rumah bagi karya seniman-seniman besar Indonesia seperti Affandi, S. Sudjojono, Hendra  Gunawan, Lee Man Fong, Widayat, dan  Soedibio. Tetapi juga menjadi sarana  perkenalan karya-karya generasi terbaru  seniman Indonesia.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Berbagai karya seni rupa yang memanjakan mata tersebut dapat dinikmati  dalam bangunan museum yang dulunya merupakan sebuah gudang tembakau.

Selama menjelajahi isi museum, kita bisa mengapresiasi keanekaragaman karya seni rupa Indonesia, disebabkan latar belakang zaman, gaya, asal kelompok seni, serta  asal perguruan tinggi seniman yang beragam.

Dari segi kuratorial maupun penataan barang pameran, Museum OHD nampak  begitu profesional dan artistik.

Generasi muda instagrammers tentu tak akan bosan  menjepret foto di dalam museum ini. Terdapat pula toko museum OShop tempat kita  bisa membeli buku-buku mengenai seni rupa Indonesia serta berbagai merchandise artistik yang apik digunakan sehari-hari.

Nampaknya OHD tak main-main ingin  menjadikan museum ini sebagai pusat pembelajaran bagi generasi muda untuk  mengapresiasi, menikmati, dan menjaga karya seni Indonesia. Sebagaimana yang  ditulis dalam laman Museum OHD.

Oleh karena itu, wisatawan penyuka seni modern yang berkunjung ke area Magelang jangan sampai melewatkan kesempatan melawat Museum OHD ini.

Harga  tiket museum yang dipatok pada Rp. 50.000,00 untuk warga negara Indonesia juga  cukup terjangkau. Bahkan, pelajar atau mahasiswa Indonesia hanya perlu membayar  Rp. 25.000,00. Sebelum berkunjung, jangan lupa mengecek akun media sosial

Museum OHD untuk mendapatkan informasi terkini mengenai jam buka dan panduan  mengenai museum, terutama di masa pandemi ini.  (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: