Mengenal Suanggi, Demit Cantik yang Mengincar Pria Hidung Belang Ajak Bercinta

BNews—NASIONAL— Jika berbicara mengenai demit atau hantu, pasti akan membayangkan sosok pocong, kuntilanak atau genderuwo. Ternyata di Indonesa, ada sosok hantu yang jarang diketahui oleh masyarakat Jawa. Ia adalah Suanggi.

Wajar saja, karena Suanggi merupakan mitologi hantu yang dipercaya dan sangat populer di masyarakat Indonesia timur, utamanya di daerah Maluku dan Papua.  Menurut mitosnya, Suanggi dilaporkan akan mencari ibu-ibu hamil tua untuk menghisap kelaminnya.

Hantu Suanggi ini konon katanya dipercaya membuat kaku untuk orang yang melihatnya. Cerita ini bahkan membuat orang enggan meninggalkan rumah saat malam hari, terlebih bagi mereka yang masih menetap di pedalaman.

Menurut versi Maluku, kisah Suanggi sendiri berasal dari cerita masyarakat di Kecamatan Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara. Pada daerah ini, Suanggi sendiri dikenal mempunyai wujud seorang perempuan cantik dan mengincar laki-laki hidung belang untuk berhubungan intim. Setelah itu, Suanggi barulah menyerang dan akan memakan alat kelamin pria itu.

Selain untuk versi Nusa Tenggara Timur, Suanggi menjelma menjadi satu wujud yang cantik, tetapi menyimpan banyak sekali kedengkian dan dendam mendalam kepada warganya. Hingga akhirnya, Suanggi pun menemukan sebuah pohon besar dan mendengar bisikan untuk segera pulang ke rumah dan mempraktikkan ilmu hitam yang dapat diperolehnya dalam waktu 40 hari.

Setelah ia mencoba, ternyata ia harus membayarnya dengan nyawanya. Maka dari itu, nyawa dari Suanggi pun bergentayangan dan diyakini mencari mangsa.

So, apakah Kamu pernah melihat atau menjadi korban demit Suanggi? (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: