Menjelang Puasa Harga Kebutuhan Pokok di Magelang Merangkak Naik

BNews–MUNGKID– Bulan puasa tinggal menghitung hari bagi umat muslim di Dunia. Khususnya di Indonesia, masyarakat yang notabanenya umat muslim di Dunia terbesar juga akan menjalaninnya.

Oleh sebab itu menjelang bulan puasa ini terpantau harga barang kebutuhan pokok di pasaran harga merangkak naik. Hal terpantau dari data Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang, kenaikan terjadi pada sebagian barang kebutuhan pokok masyarakat.

Kenailan harga sembako di pasaran yang merangkak naik antara lain telur ayam ras yang sebelumnya seharga Rp 18-19 ribu rupiah menjadi 22-23 ribu Rupiah, Daging ayam lehor semula 26-27 ribu Rupiah per Kg sekarang menjadi 31-32 ribu Rupiah per Kg. Cabe merah keriting harga sebelumnya 24-25 ribu menjadi 30-32 ribu Rupiah per Kg dan bawang putih jenis Kating harga sebelumnya Rp 30 ribu menjadi Rp 40 ribu per Kg.

Untuk data Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang ini mengambil sample harga sembako dari pasar-pasar besar di Kabupaten Magelang. “Hal tersebut lebih disebabkan oleh permintaan akan barang kebutuhan pokok masyarakat saat ini meningkat,” ungkap Kasi Distribusi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang, Trihandayani (24/4).

“Biasanya bulan menjelang puasa banyak masyarakat di Magelang melakukan hajatan di rumahnya atau kampungnya, mulai hajatan pribadi atau sadranan,” imbuhnya.

Guna mengantisipasi harga sembako di pasaran melejit naik, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang menyiapkan operasi pasar. “Nanti kalau harga sembako dipasaran melebihi daya beli masyarakat akan kita adakan operasi pasar,” jelasnya.

“Ini sudah menjadi kebiasaan kami setiap tahun menggelar operasi pasar pada bulan Ramadhan guna mengkontrol harga sembako,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: