Menolak Lupa, Ini Peristiwa Yang Terjadi pada 14 Agustus

BNews—NASIONAL—Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 14 Agustus. Kejadian-kejadian tersebut tersimpan dalam sejarah sebagai peristiwa penting.

Berikut ini beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 14 Agustus.

Jepang menyerah kepada Sekutu

Pada tanggal 14 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, setelah dijatuhi bom nuklir oleh Amerika Serikat di Hiroshima dan Nagasaki.

Diketahui pada masa itu, Jepang tengah menjajah Indonesia. Peristiwa tersebut pun dimanfaatkan untuk memproklamirkan Kemerdekaan Indonesa pada 17 Agustus 1945.

Pelantikan pengurus Gerakan Pramuka

Pada 14 Agustus 1961, terdapat pelantikan Mapinas, Kwarnas, Kwarnari di Istana Negara, serta penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka. Selain pelantikan, dilangsungkan pula defile Pramuka yang bertujuan untuk memperkenalkan secara resmi Gerakan Pramuka Indonesia. Sehingga sejak itu setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka.

Loading...

Prancis memperkenalkan sistem pelat nomor

Prancis menjadi negara pertama di dunia yang memperkenalkan sistem pelat nomor. Prancis diketahui sebagai negara pertama di dunia yang memperkenalkan sistem pelat nomor pada seluruh kendaraan bermotor pada tanggal 14 Agustus 1893.

Deklarasi kemerdekaan Pakistan

Pakistan mendeklarasikan kemerdekaannya dari Britania Raya. Tepat pada 14 Agustus 1947, Pakistan mendeklarasikan kemerdekaannya dari penjajahan Britania Raya dan bergabung dengan Negara-Negara Persemakmuran.

Itulah beberapa peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi pada 14 Agustus. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: