Menyamar Jadi Wisatawan, Intip Hari Pertama Ujicoba Pembukaan Candi Borobudur

BNews—MAGELANG—Ujicoba pembukaan wisata Candi Borobudur dimulai hari ini (25/6/2020). Ini merupakan hari pertama setelah ditutup sementara sekitar tiga bulan akibat pandemi Covid-19.

Menurut pantauan tim Borobudurnews yang menyamar menjadi wisatawan, penerapan protokol kesehatan nampak cukup ketat. Mulai saat memasuki kawasan melalui gerbang utama. Wisatawan diberi peringatan menggunakan masker dan jaga jarak minimal satu meter.

Kemudian dilakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan termo gun dan diberikan stiker berwarna sesuai ketentuan batas suhu tubuh wisatawan. Bila bersuhu kurang dari 37,5 derajat celcius akan diberikan stiker warna hijau dan diperbolehkan memasuki kawasan Candi Borobudur.

Jika wisatawan bersuhu antara 37,5 – 37,8 derajat celcius akan diberi stiker warna kuning dan ketika memasuki kawasan akan dipantau oleh customer service yang telah berjaga di hampir setiap sudut jalan. Apabila suhu tubuhnya lebih dari 37,8 derajat celcius maka wisatawan tersebut tidak diperbolehkan masuk dan akan diarahkan ke fasilitas kesehatan.

Setelah pengecekan suhu tubuh, wisatawan langsung diarahkan untuk mencuci tangan dengan sabun sekitar 20 detik di wastafel yang disediakan. Berlanjut memasuki bilik disinfektan sebelum membeli tiket masuk.

Ketika membeli tiket masuk, terdapat imbauan untuk tidak berkerumun atau jika para wisatawan datangnya berkelompok, dalam pembelian tiket dapat diwakilkan oleh satu orang. Harga tiket bagi wisatawan domestik sebesar Rp. 50 ribu per orang.

Wisatawan yang akan membeli tiket, sebelum dan sesudah transaksi akan diminta menggunakan handsanitizer. Kemudian juga dianjurkan menggunakan transaksi non tunai, meskipun masih diperbolehkan menggunakan transaksi tunai.

Loading...

”Akan dicek dahulu barang bawaannya dan ketika masuk diharapka menjaga jarak sesuai marka yang telah ditetapkan,” ungkap salah satu petugas pemeriksaan kepada tim Borobudurnews.

Ketika masuk dikawasan wisata Candi Borobudur, terdapat beberapa titik wastafel dan tempat handsanitizer bahkan pengeras suara untuk mengingatkan wisatawan tentang protokol kesehatan. Terdapat juga marka jarak dan aturan duduk agar meminimalir kontak fisik antar wisatawan.

Sesuai pantauan tim, wisatawan hanya dapat menikmati keindahan Candi Borobudur sampai gerbang naik tangga ke zona satu. Sebab hingga kini belum diperbolehkan wisatawan untuk menaiki halaman Candi bahkan hingga ke puncak.

Download Musik Keren Disini

Suasana di kawasan pun terlihat lenggang, hanya beberapa wisatawan yang datang untuk sekedar berswafoto pada saat pembukaan hari pertama wisata tersebut. Telihat ada beberapa keluarga dan pasangan muda yang datang.

Di tempat parkir pun hanya ada beberapa kendaraan roda empat yang terparkir. Untuk jadwal pembukaan sendiri, dimulai pukul 08.00 – 12.00 WIB kemudian dilanjut 13.00 -16.00 WIB. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: