Sinergi KemenkopUKM dan Dekranas Gelar Pelatihan Bagi UKM di Kabupaten Magelang

BNews—MAGELANG— Kementerian Koperasi dan UKM kembali bersinergi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dalam meningkatkan kemampuan dan literasi digital UKM. Kegiatan di gelar di Balkondes Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang pada Selasa (12/10/2021).

Sinergitas ini dalam bentuk pelatihan bagi UKM di Kabupaten Magelang. Adapun acaranya meliputi Sosialisasi KUR, Pelatihan Vocational untuk Usaha Mikro Sektor Pariwisata, Pelatihan E-commerce, Pelatihan Marketing, Coaching Clinic, Bimtek Kewirausahaan, Pelatihan Manajemen Ekspor, dan program strategis lainnya.

Kepala Bidang Manajemen Usaha Dekranas Suzana Teten Masduki mengatakan bahwa pelatihan kali ini fokus pada UKM wastra (kain nusantara). Namun demikian, beberapa pelaku usaha di luar wastra seperti pengelola penginapan skala kecil pun ikut serta.

Menurutnya, produk UKM asal Jawa Tengah memiliki kualitas unggul. Namun, dari sisi pengemasan perlu ditingkatkan.

“UKM di Jawa Tengah sudah luar biasa sebenarnya. dari sisi pembinaan, akses modal dan teknikal produk sudah tinggi. Tinggal pengemasannya saja supaya sale able mempunyai daya jual tinggi,” ungkapnya.

”Mungkin Dekranasda bikin program. Misal ini lemahnya disini, nanti itu yang bisa di-develop,” sambungnya.

Ketua Dekrasnada Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo yang hadir dalam acara tersebut, berharap para pelaku UKM di Kabupaten Magelang menjadi aktor yang bisa menangkap peluang.

”Apalagi Kabupaten Magelang memiliki heritage luar biasa dan menjadi destinasi super prioritas,” ujarnya.

Tambah dia, perlu adanya sinergitas atau kolaborasi dan seluruh elemen masyarakat agar UKM bisa naik kelas. ”Agar nanti saat kondisi sudah stabil, masyarakat Borobudur siap bersaing. Sehingga tidak hanya menjadi penonton,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: