Meriahnya Pasar Budaya Di Kaki Gunung Suroloyo Magelang

BNews–MAGELANG– Suasana meriah tampak dalam Pasar Budaya di Desa Giripurno Kecamatan Borobudur (29/7/2022). Dimana kegiatan ini mengangkat  tema “Suran Pasar Gayam”.

Dimana pada malam satu Suro, orang-orang mendaki ke Puncak Suroloyo. Dan Pasar Gayam sebagai tempat Transit para pendaki.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Magelang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang,  Achmad Husein. Dengan didampingi oleh jajaran Forkopimcam Kecamatan Borobudur.

Dalam sambutannya Achmad Husein mengatakan bahwa, pasar budaya yang diselenggarakan di Desa Giripurno ini merupakan sarana komunikasi antar budaya sesama pedagang.

Menurutnya, Pasar merupakan sisi dunia usaha yang mempunyai karakteristik kerakyatan yang lekat dengan dimensi sosial, ekonomi dan budaya.

“Keberadaan Pasar Gayam di Desa Giripurno ini, pada hakekatnya bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar bisa memenuhi berbagai keinginan yang dibutuhkan bagi kelangsungan hidup,” kata, Husein.

Husein mengungkapkan bahwa kegiatan ini mempunyai arti penting di samping sebagai upaya melestarikan seni dan budaya lokal. Namun juga sebagai wujud perhatian dan kepedulian sosial terhadap pedagang serta dapat terjalin keakraban menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Mari kita jadikan sebagai ajang untuk menjaga dan melestarikan budaya khususnya di Pasar Gayam Desa Giripurno, yang bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah semata, akan tetapi pondasi paling utama ialah dari masyarakat itu sendiri,” imbuhnya.

Kegiatan Pasar Budaya di Desa Giripurno ini juga dihadiri oleh, Direktorat Jenderal Kebudayaan pada Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Restu Gunawan.

Dalam kegiatan tersebut menampilkan seluruh kesenian di Desa Giripurno secara bergantian. Kemudian terdapat stand makanan dan minuman khas tradisional Desa Giripurno.

Selain itu ada kegiatan Workshop dolanan tradisional Desa Giripurno dan Workshop kerajinan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni mulai tanggal 29 Juli 2022 sampai 30 Juli 2022. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!