Mohon Antre, Ada 28 Ribu Dosis Vaksin Moderna untuk Warga Kabupaten Magelang

BNews—KOTA MUNGKID— Pemerintah Kabupaten Magelang mendapatkan 28 ribu dosis vaksin Moderna. Bersama dengan jajaran Kepolisian Resor (Polres) Magelang, vaksin tersebut akan digunakan untuk kebutuhan vaksinasi bagi masyarakat umum.

”Vaksin Moderna juga akan kami gunakan untuk percepatan vaksinasi yang saat ini terus gencar kami lakukan untuk masyarakat umum,” ujar juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, Kamis (26/8).

Bagi tenaga kesehatan, vaksin Moderna akan diberikan sebagai suntikan dosis ketiga, sebagai imune booster bagi mereka. Namun, bagi masyarakat umum, vaksin Moderna bisa langsung diberikan untuk suntikan dosis pertama dan kedua.

Hingga Selasa (24/8), capaian vaksinasi di Kabupaten Magelang baru terdata 21,76 persen, dengan jumlah orang tervaksinasi sebanyak 223.931 orang. Angka tersebut terdiri dari jumlah warga yang sudah mendapatkan suntikan dosis pertama sebanyak 134.653 orang, suntikan dosis kedua sebanyak 88.830 orang dan jumlah tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan suntikan dosis ketiga sebanyak 448 orang.

Adapun target sasaran vaksinasi sebanyak 1.029.210 orang. Menyikapi capaian vaksinasi yang masih rendah ini, Nanda mengatakan, pihaknya terus gencar melakukan percepatan vaksinasi di semua puskesmas dan rumah sakit.

”Dengan kegiatan vaksinasi yang terus kami lakukan, diharapkan pada November mendatang capaian vaksinasi setidaknya mampu mencapai sekitar 60 persen,” ujarnya. Sasaran utama yang saat ini terus digerakkan untuk melakukan vaksinasi adalah warga dari kelompok rentan, seperti lansia, pralansia dan kelompok yang memiliki penyakit penyerta.

Jajaran Polres Magelang juga terus gencar melakukan vaksinasi bagi masyarakat umum. Sejak akhir Juni hingga Senin (23/8), jumlah total warga yang telah mendapatkan vaksinasi dari Polres Magelang terdata mencapai 22.105 orang.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Dimana 8.099 orang di antaranya mendapatkan vaksinasi dalam banyak acara vaksinasi massal. Dan 14.006 orang lainnya menjalani vaksinasi di enam gerai vaksin yang dibuka Polres Magelang.

Kepala Seksi Humas Polres Magelang Iptu Abdul Muthohir mengatakan, setiap hari Polres Magelang menargetkan melakukan vaksinasi kepada 600 orang. Agar tidak menimbulkan kerumunan, jumlah peserta vaksinasi akan diatur sehingga setiap dua jam hanya akan dilakukan vaksinasi pada serratus orang.

Sembari menggunakan vaksin jenis Sinovac, Muthohir mengatakan, vaksinasi untuk masyarakat umum saat ini juga sudah mulai menggunakan vaksin Moderna. Pada Selasa (24/8), di gerai vaksin di Kepolisian Sektor (Polsek) Sawangan, misalnya, vaksin Moderna sudah disuntikkan kepada 252 warga. (ifa/han)

Sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: