Muncul Varian Baru Virus Corona, Eijkman : Harus Waspada Tapi Jangan Panik

BNews—NASIONAL— Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Subandrio mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap varian baru virus corona. Dia menyebut bahwa virus itu tidak memandang musim dan letak geografis satu negara.

Dia menyebut, varian baru virus corona telah terjadi di Inggris yang sedang mengalami musim dingin. Kemudian di Australia yang saat ini sedang musim panas.

”Dan ada di Singapura yang tidak berbeda dengan Indonesia. Jadi sikap kita ya harus waspada,” kata Amin dalam channel youtube BPNP Indonesia, Kamis (24/12/2020).

Untuk menyikapi hal tersebut, Amin menyampaikan bahwa masyarakat harus hati-hati bukan justru disalurkan menjadi suatu bentuk kepanikan. Adanya varian baru viru corona itu diterjemahkan menjadi upaya untuk meningkatkan pencegahan individu.

”Mendeteksi, merespon dan tentu mencegah agar tidak masuk ke Indonesia. Namun memang tidak mudah untuk medeteksi, melihat dari pintu kita (jalur masuk ke Indonesia) banyak,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan. Selama masa libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021.

Hal tersebut berkaitan dengan munculnya varian virus corona baru. ”Sebaiknya kita duduk, karena mobilitas penduduk itu akan meningkatkan virus untuk menular,” kata dia.

Loading...

Ia menyebut bahwa mutasi virus corona itu berpotensi masuk ke Indonesia. Oleha karenanya, ia meminta agar masyarakat tidak melakukan mobilitas ataupun perjalanan di masa libur panjang. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: