Negara ini Peringati Hari Kemerdekaan Pada 17 Agustus Sama Dengan Indonesia

BNews–NASIONAL-– Hari ini Tanggal 17 Agustus merupakan peringatan hari kemerdekaan negara Republik Indonesia yang ke-75. Namun ternyata, di dunia ini ada yang sama sebuah negara yang juga merayakan kemerdekaanya dari penjajah.

Negara itu adalah Gabon yang merupakan sebuah negara di Afrika bagian barat yang merayakan kemerdekaan ke-59 tahun. Gabon memiliki kekayaan mineral cukup banyak sedangkan jumlah penduduknya relatif kecil. Karena kandungan buminya, Gabon dikenal sebagai salah satu negara kaya di Afrika

Mengutip BBC, Gabon merupakan negara bekas jajahan Prancis yang merdeka pada 17 Agustus 1960.

Sejak kemerdekaan dari Prancis, Gabon hanya memiliki tiga presiden. Leon M’ba dan Omar Bongo Ondimba tercatat sebagai Presiden dan Wakil Presiden pertama dalam sejarah Gabon.

Selanjutnya mendiang Presiden Omar Bongo memerintah selama lebih dari empat dekade hingga kematiannya pada 2009.

Selama pemerintahan Omar Bongo, Gabon mempertahankan hubungan dekat dengan Prancis di bawah sistem yang dikenal sebagai ‘Francafrique’. Yakni dengan menerima dukungan politik dan militer dengan imbalan bantuan bisnis.

Bank Dunia mencatat Gabon adalah produsen minyak utama tetapi sepertiga populasinya hidup dalam kemiskinan. Aglobalworld mencatat, warga Gabon merayakan hari kemerdekaan dengan antusias dan bersemangat. 17 Agustus merupakan hari libur nasional.

Loading...

Perayaan hari kemerdekaan dapat berlanjut selama tiga hari berturut-turut mulai 16-18 Agustus.  

Semua rakyat Gabon berkumpul dan menghormati kemerdekaan negara mereka, tidak hanya dirayakan di wilayah kota, tetapi juga di pedesaan.  

Bendera nasional dikibarkan dari negara itu. Selama perayaan atau upacara apa pun, makanan dan anggur dipersembahkan untuk para leluhur.  

Semua warga tak terkecuali pria dan wanita mengambil bagian dalam ritual acara tarian dan nyanyian dengan tabuhan gendang. 17 Agustus menjadi hari yang penting bagi masyarakat Gabon. (*/islh)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: