Cara Mudah Hitung Kecocokan Pasangan Berdasarkan Weton Jawa

BNews–MAGELANG-–  Weton atau hari lahir merupakan hal penting dalam tradisi serta kepercayaan masyarakat Jawa. Dalam kelender Jawa, terdapat lima hari pasaran dalam seminggu yang nantinya akan dikaitkan dengan hari-hari biasa. Lima hari pasaran tersebut adalah legi, pahing, pon, wage, dan juga kliwon.

Masyarakat Jawa percaya bahwa melalui hitungan weton, mereka dapat mengetahui semua sifat, karakter, dan juga sampai nasib seseorang termasuk masa depan pernikahan.

Untuk itu, menurut orang Jawa, sebelum pernikahan perlu diadakan penghitungan weton untuk kedua calon pengantin agar dapat diketahui bagaimana nanti nasib dari pernikahan mereka, apakah cocok atau tidak. Tradisi ini disebut dengan Neptu.

Bagi masyarakat Jawa yang masih kental terhadap kepercayaan Neptu ( menghitung weton ), tradisi ini merupakan tradisi wajib yang harus dilakukan agar nantinya tidak ada penyesalan setelah menikah. Dan bahkan tidak sedikit dari calon pengantin yang akhirnya memutuskan untuk berpisah karena hitungan weton mereka yang tidak cocok.

Lalu bagaimana sistem atau cara penghitungan weton menurut masyarakat Jawa ?

Dalam proses perhitungan weton tidak terlalu sulit. Karena yang pertama kali harus dilakukan adalah mengetauhi neptu lahir ( hari lahir ) dan neptu pasaran ( hari pasaran dalam kalender Jawa) dari masing-masing mempelai.

Diambil dari berbagai sumber, berikut ini rumus penghitungan weton jodoh, berdasar weton dari kedua calon mempelai.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

( neptu hari + neptu pasaran ) Anda +  ( neptu hari + neptu pasaran ) pasan Anda.

1. Neptu Hari ( penanggalan Islam )

  • Senin : 4
  • Selasa : 3
  • Rabu : 7
  • Kamis : 8
  • Jum’at : 6
  • Sabtu : 9
  • Minggu : 5

2. Neptu Pasaran ( penanggalan Jawa )

  • Pahing : 9
  • Pon : 8
  • Wage : 4
  • Kliwon : 8
  • Legi : 5

Contoh untuk penghitungan weton, semisal si A lahir hari Selasa Wage dan pasangannya lahir pada hari Sabtu Pahing. Hasil penjumlahannya adalah ( 3 + 4 ) + ( 9 + 9 )= 7 + 18 = 25.

Setelah tahu hasil penghitungannya, langkah selanjutnya adalah mengetahui apa arti dari angka-angka  hasil penghitungan weton pasangan ini.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

1. Pegat hasil penghitungan weton jodoh mulai dari angka 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, dan 36

Pegat atau pegatan ( bahasa Jawa ) dalam bahasa Indonesia ini memiliki arti berpisah atau bercerai. Menurut orang Jawa,  calon pasangan pengantin yang mendapat hasil penghitungan weton angka-angka diatas akan menemukan banyak masalah dalam kehidupan rumah tangganya.

Mulai dari segi ekonomi, perselingkuhan, dan bahkan sampai pada perebutan kekuasaan. Dan pada akhirnya, pasangan yang mendapat hitungan ini akan memilih untuk berpisah.

2. Ratu untuk hasil hitungan weton jodoh  2, 11, 20, 29

Sama seperti dengan istilahnya, pasangan yang mendapat hitungan weton ratu ini akan menjadi pasangan yang sangat harmonis dan akan disegani serta dihormati dilingkungan dimana mereka tinggal. Dan bahkan mampu menyebabkan kecemburuan pada orang yang berda disekitarnya.

3. Jodoh hasil hitungan mulai dari 3, 12, 21, dan 30

Maksud jodoh disini, pasangan yang mendapat hitungan ini akan berjodoh. Mereka akan sama-sama siap untuk menerima kekurangan dari masing-masing. Mereka akan berusaha untuk mengenal pribadi dari masing-masing.

Kerukunan, kasih sayang akan mengantarkan mereka menjadi pasangan yang akan bahagia dan awet sampai tua dan akan berpisah kala maut memisahkan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

4. Topo mulai 4, 13, 22, dan 31

Pasangan yang mendapat hitungan weton ini akan mendapati banyak cobaan dalam perjalanan awal bahtera rumah tangga. Cobaan yang datang brtubi-tubi ini dimaksdukan untuk menjadi cara beradaptasi dengan pasangan untuk mengenal karakter satu sama lain.

Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia pernikahan, kebahagian pasangan ini akan mulai mereka rasakan ditambah dengan kehadiran buah hati di tengah keluarga.

5. Tinari , 5, 14, 23, 32

Untuk pasangan yang mendapat hasil hitungan ini perlu berbahagia. Karena mereka akan memiliki harata yang bergelimang dan tuntunya enteng dalam mencari rezeki. Hidup terasa nyaman dan jauh dari kekurangan.

6. Padu hasil hitungan dari 6, 15, 24, 33

Padu dalam bahasa Indonesia berarti perdebatan. Pasangan ini akan sering terlibat dalam perdebatan yang mungkin pemicunya hanyalah hal yang sepele. Walau demikian, mereka akan tetap bersama dan tidak memilih untuk berpisah.

7. Sujanan

Perhitungan hasil weton Sujanan mulai dari angka 7, 16, 25, dan 34. Dalam hasil ini, perkara perselingkuhan merupakan hal yang kan dihadapi oleh pasangan. Perselingkuhan sendiri bisa dimulai oleh pihak laki-laki dan juga perempuan.

Buntut dari perselingkuhan ini menyebabkan pasangan sering terlibat dalam percekcokan dan akan mengalami perpisahan.

8. Pesthi, 8, 17, 26, 35

Yang terakhir adalah Pesthi. Pasangan dengan hasil ini kan menemukan ketenanfgan dan ketentraman dlam hidup mereka sampai mereka tua. Walaupun sering diterpa masalah, pasangan ini akan selalu harmonis.

Itu dia cara dalam menghitung weton sebelum menikah untuk mengetahui apakah calon pasangan pengantin ini cocok atau tidak.

Entah itu mitos atau fakta, pada dasarnya pernikahan akan indah bila masing-masing pasangan memiliki rasa saling percaya pada satu sama lain. Tertarik untuk mengetahui hasil weton kamu dan pasanganmu? (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!