OPRB Kalisalak Gelar Sosialisasi Dan Simulasi Bencana Tanah Longsor

BNews–MAGELANG-– Membekali ilmu kebencanaan kepada relawan di Magelang sangatlah perlu. Seperti yang dilakukan oleh OPRB KATANA Desa Kalisalak Salaman yang mengadakan sosialisasi dan gladi simulasi bencana tanah longsor di wilayahnya (30/3/2021).

Kegiatan tersebut digelar di Balai Desa Kalisalak yang diikuti tim OPRB Katanan, LPP, Pemdes dan jajaran terkait lainnya. Sementara untuk pemanteri didatangkan langsung dari BPBD Kabupaten Magelang.

“Kegiatan ini sekaligus menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana dan peningkatan kapasitas anggota OPRB KETANA,” ungkap Kades Kalisalak , H.Abdul Chamid.

Acara tersebut dimulai sejak pukul 09.00 wib dengan dimulai acara pembukaan dan safety breafing. Kemudian dilakukan Fous Grop Diskusi untuk 8 sektor dan dipresentasikan.

Selanjutnya dilakukan simulasi bila terjadi bencana alam tanah longsor, sampai dengan proses evakuasi. Kemudian dilakukan evaluasi kegiatan tersebut.

“Acara ini sangat baik sekali bisa memberikan bekal pada anggota relawan   KATANA ( Kalisalak Tangap Bencana ). Tentnya  sangat mendukung karena ada beberapa anggota relawan desa ini yang belum mengerti tentang kebencanaan,” imbuh Abdul Chamid.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat perlu dilakukan di wilayahnya, khususnya bagi tim OPRB. “Hal ini karena Desa Kalisalak ini rawan terjadi bencana tanah longsor. Dan tentunya agar masyarakat bisa siap siaga,” imbuhnya.

Sementara perwakilan BPBD Kabupaten Magelang, Rudi menyampiakan tujuan diadaan sosialisasi dan pelatihan simulasi agar masyarakat bisa banyak tahu wawasanya tentang bencana tanah longsor. “Terpenting bisa membuat masyarakat untuk lebih hati dan siaga,” tambahnya. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: