Optimalisasi Sampah Organik Di TPS3R Enggal Nyaman Untuk Budidaya Anggur

BNews–MAGELANG-– TPS3R Enggal Nyaman yang terletak di Kecamatan Muntilan merupakan salah satu wujud kepedulian masyarakat. Yakni terhadap permasalahan sampah di Kabupaten Magelang terutama di Desa Gondosuli.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran TPS dalam pengelolaan sampah di Dusun Ngemplak Desa Gondosuli Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang.

Optimalisasi TPS 3R Enggal Nyaman dilakukan melalui kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang. Upaya untuk mengurangi limbah sampah organik dengan cara mengelola pupuk cair untuk budidaya tanaman anggur.

Kegiatan PPMT  Periode IV dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa dengan ketua dosen pembimbing Ir. Eko Muh Widodo, M.T.  Serta anggota kelompok terdiri dari Muhammad Al Anwar, Muhammad Arif Rokhman, Muhammad Ardiansyah; Feriando Nuansa Andromeda, dan Wahyu Sangaji.  Ketua TPS 3R Ibu Sri Wahyuni.

TPS 3R Enggal Nyaman di pilih untuk kegiatan PPMT karena memiliki potensi untuk dikembangkan berupa pupuk organik dan kelompok kami memiliki program kerja untuk memfungsikan pupuk organik tersebut untuk budidaya tanaman anggur.

Sejak 28 Desember 2021, tim PPMT melakukan penyerahan mahasiswa kepada Kepala Desa Gondosuli untuk di terjunkan melakukan kegiatan PPMT di TPS3R Enggal Nyaman .

Kegiatan yang telah dilakukan oleh tim PPMT  Unimma adalah melaksanakan kegiatan Sosialisasi kepada tokoh-tokoh masyarakat, pekerja TPS, dan perwakilan karang taruna di Desa Gondosuli, Muntilan tentang “ Optimalisasi Pengelolaan Sampah Untuk Pemanfaatan Limbah Organik  dan Budidaya Tanaman Anggur”.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Mahsiswa PPMT melaksanakan kegiatan sosialisasi pada hari Jumat,  7 Januari 2022 Di Aula Balai Desa Gondosuli. Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh 25 tokoh- tokoh di Desa Gondosuli, Pekerja TPS, dan perwakilan karangtaruna.

Sosislisasi tersebut terdapat 2 narasumber, yakni Heri selaku memaparkan materi mengenai “Pengelolaan Sampah Organik Untuk Dimanfaatkan sebagai Pupuk Organik”. Selain memaparkan materi dalam sesinya, mahasiswa juga di ajarkan langsung praktik membuat pupuk organik. Pembuatan pupuk menggunakan bahan dari sayuran dan buah buahan yang hampir busuk. Serta menjelaskan tentang waktu fermentasi dari pupuk tersebut.

Narasumber keuda adalah Nurus Sofwan, pemateri tentang “Budidaya Tanaman Anggur”. Dimana Ia memaparkan materi tentang macam-macam tanaman anggur, bagaimana cara membudidayakan anggur (penanaman, stek, hingga pemanenan).

Usai memaparkan materi Bapak Nurus Sofwan dan tim mengajarkan langsung praktik stek tanaman anggur. Ia dan tim mengajarkan langkah-langkah step dan memberi tahu cara perendaman batang untuk merangsang akar hasil stekan.

Mahasiswa PPMT UNIMMA saat di kebun anggur memberi pupuk dari sampah organis TPS3R Desa Gondosuli Muntilan

Program kerja penanaman bibit anggur, sebelum melaksanakan kegiatan penanaman, tim PPMT menyiapkan lahan tempat untuk budidaya anggur .Yakni dengan pembuatan green house baru, pemasangan jaring jaring untuk pembudidayaan anggur serta benang untuk rambatan.

Serta menyiapkan media tanam berupa tanah, sekam, pupuk mpk, dan pupuk organik lalu di campurkan. Metode penanaman tanaman anggur yang tim kami lakukan yakni melalui metode penanaman Canopy Model, dimana tanaman anggur akan merambat ke atas dan buahnya akan menggantung pada jaring-jaring yang sudah disediakan.

Sehingga dalam pemanenan buah angur cukup praktis hanya memotong menggunakan gunting. Untuk bibit anggur tetap dalam polybag di masukkan di media tanam lalu melubanginya untuk akar.

Serta menarik benang agar tanaman anggur merambat ke atas menuju jaring-jaring. Media tanaman anggur yang kami lakukan juga cukup untuk menerima sinar panas dari matahari.

Perawatan yang akan diterapkan oleh kelompok kami, apabila tanaman anggur telah merambat ke jaring-jaring maka akan di lakukan pemotongan atas. Tujuannya yakni untuk medapatkan bentuk percabangan, membatasi pertumbuhan, meningkatkan produksi.

 Untuk mengatasi hama di sekitar tanaman kami akan membersihkan rumput yang tumbuh di sekitar tanaman anggur. Selain itu untuk pemupukan juga akan dilakukan 2 minggu setelah panen, pemangkasan cabang ulang 2 dilakukan minggu setelah pemupukan.  (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!