Pandemi Covid-19, JNE Dorong Digitalisasi UKM Magelang

BNews—MAGELANG— Pandemi Covid-19 di Indonesia membuat hampir seluruh sektor terdampak, salah satunya perekonomian. Hal ini pun menciptakan tantangan bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) agar dapat tetap bertahan.

Hal itu disampaikan oleh Marsudi selaku Head of Regional JNE Jateng dan DIY. Terkait hal tersebut, kata dia, JNE akan membantu para pelaku usaha untuk mampu bersaing di era digitalisasi bisnis baik skala nasional hingga internasional.

Salah satunya melalui gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 bertajuk ’Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Magelang’ pada Senin (12/04/2021). Acara ini guna pemberdayaan UKM khususnya di Kota Magelang.

”Setiap orang pasti mendapatkan tantangan begitu besar dari munculnya wabah Covid-19 di Indonesia. JNE pun hadir sebagai wadah bagi UKM untuk dapat mengembangkan bisnisnya dan mudah-mudahan para pelaku usaha mendapatkan banyak ilmu dan manfaat dari gelaran webinar kali ini,” ujarnya, Senin (12/04/2021).

Kepala Cabang JNE Magelang, Bambang Kristiadi mengatakan, sebagai bentuk dukungan dalam mendukung UKM Kota Magelang, JNE senantiasa melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak.

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Seperti berkobolarasi dengan Bappeda Kota Magelang dan melakukan berbagai sponsorship dalam acara pelatihan UKM tentang digital marketing,” kata dia.

JNE juga bekerja sama dengan brand owner untuk mempromosikan produk mereka baik secara offline  maupun online. Di sisi lain, JNE juga terus aktif menjalankan program cashback, gratis ongkir, JLC, free pick up, dan membagikan hadiah.

”JNE juga melakukan pemberdayaan komunitas daerah untuk ikut andil membantu daya saing UKM daerah Magelang di tengah pandemic saat ini,” papar Bambang.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Perwakilan dari pelaku UKM yakni Founder & Owner Fahri Orchid, Fahri Windi Ansori mengatakan, calon pelaku usaha sebelum membuka bisnis haru mempelajari perilaku konsumen. Kemudian, set target market secara tepat dan pengemasan produk juga memiliki pengaruh besar bagi berkembangnya para pelaku bisnis khususnya yang menjual benda hidup, seperti tanaman.

Sementara Owner Sanggarrejeki Tri Agung Setyawan menilai, di situasi pandemi ini kegiatan belanja mulai beralih ke online. Untuk mempertahankan kepercayaan konsumen, penting bagi pelaku UKM untuk menjamin terkirimnya produk secara utuh dan aman.

”Hal ini agar minat dan kepuasan konsumen meningkat seiring kita menyusun strategi bisnis yang baru di masa ketidakpastian ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kota Magelang merupakan kota ke-16 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 tersebut. Sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun Kota Magelang yang ke-1115.

JNE Ngajak Online merupakan roadshow di 60 kota di seluruh Indonesia. Acara ini dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: