Soal Vaksinasi Nakes, Ganjar Dorong Kota/Kabupaten di Jateng Percepat Dosis Kedua

BNews—DEMAK— Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng) mempercepat vaksinasi dosis kedua. Serta memastikan bahwa seluruh tenaga kesehatan (Nakes) di wilayahnya sudah menerima suntik vaksin semua.

Sebelumnya, dalam sistem ditemukan capaian vaksinasi terhadap nakes di Jateng justru menurun. Ternyata, hal itu disebabkan tambahan nakes yang belum terdata dalam program vaksinasi.

” Alhamdulillah semuanya jalan, ini tadi saya ngecek di Sayung sudah berjalan bagus. Sekarang, target kita memastikan seluruh nakes yang sudah divaksin tahap pertama, maka penyuntikan dosis kedua harus digenjot,” kata Ganjar saat menyaksikan proses vaksinasi dosis kedua untuk Nakes di Puskesmas Sayung, Kabupaten Demak, Selasa (9/2/2021).

Ganjar menerangkan percepatan penyelesaian vaksinasi nakes itu penting, agar program vaksinasi selanjutnya bisa segera dilaksanakan. Sebab, dalam waktu dekat program akan dilanjutkan untuk pelayan publik dan masyarakat.

“Jadi harus cepat, vaksinasi dosis kedua dibereskan agar berikutnya bisa berjalan. Sebab, kami komunikasi terus dengan pusat, dan jika vaksinnya dikirim lebih banyak, maka tugas kita menyiapkan,” tegasnya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Terkait vaksinasi bagi nakes lansia, lanjut Ganjar, pihaknya sedang menggenjot perbaikan sistem pendataan. Sebab, awalnya lansia tidak masuk daftar penerima vaksin.

Hal ini lantaran pada 5 Februari 2021 lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA) vaksin CoronaVac dari Sinovac untuk usia 60 tahun ke atas (lansia) dengan dua dosis suntikan vaksin yang diberikan dalam selang waktu 28 hari.

“Datanya sedang kami perbaiki. Kami komunikasi terus dengan pusat, agar sistem datanya baik di pusat dan daerah bisa sama. Intinya kami siap, tinggal dijalankan saja. Semua sudah oke,” pungkasnya. (lhr/mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: