Pandemi Covid-19 Pembangunan Jalur Kereta Api Magelang Ditunda

BNews—MAGELANG— Harapan masyarakat untuk segera merasakan transportasi kereta api di Magelang sepertinya harus tertunda.

Tahun ini tidak ada program pembangunan atau revitalisasi jalur KA menuju Magelang.

Hal itu disampaikan Perwakilan PT KAI Nur Setiyawan Sidi saat rapat koordinasi pelaksanaan program KSPN Borobudur, di Balkondes Ngaran Borobudur, kemarin. Di tahun ini anggaran revitalisasi jalur kereta api di Magelang ditiadakan.


“Keterangan dirjen KA 2020 dipotong semua,” kata dia.


Namun, katanya, pembangunan dan revitalisasi jalur kereta api ini dipastikan jalan terus. Tahun 2021 kegiatan akan kembali dimulai.

Dia mengatakan di tahun 2021 rencana trase atau jalur KA akan dipastikan. Kemudian di tahun berikutnya baru akan dilakukan pembebasan lahan dan pembangunan.

“Rencana trase 2021. Saya tidak tahu persis apa 2021 atau 2022 baru pembangunan jalur kereta api,” katanya.

Loading...

Meski tidak jadi tahun ini, pihaknya tetap melakukan sejumlah langkah. Diantaranya koordinasi dengan berbagai lintas sektoral untuk mensinergikan pembangunan baik jalan tol dan anjungan pintar.


“Lokasi rencana stasiun di Palbapang sudah ada tinggal kita klopkan dengan instansi lain,” kata dia.


Sebelumnya diberitakan sejumlah patok rel kereta api telah terpasang di Kabupaten Magelang. Warga belum mengetahui pasti pembangunan itu karena belum disosialisasi.

Meski demikian, banyak yang mendukunh dihidupkannya kembali jalur kereta api ini. Karena bisa menjadi alternatif transportasi masal. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: