Peduli Lingkungan, Sejumlah Relawan Lakukan Penanaman Pohon di Grojogan Kapuhan Magelang

BNews—MAGELANG— Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH) menyelenggarakan penanaman pohon dan pelepasan ikan. Acara dilaksanakan di Grojogan Kapuhan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang pada Minggu (13/6/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh relawan KEBTANA Kebonrejo, Kecamatan Salaman dan beberapa komunitas relawan lainnya serta sejumlah pecinta alam. Acara ini digelar secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ketua FMMH, Jadmiko menyebut bahwa acara ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

”Selain itu juga bentuk rasa kangen kami dalam nandur (menanam) bersama saudara-saudara yang peduli dengan alam. Sekaligus untuk acara halal bihalal,” kata dia.

Dia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada para relawan yang telah bergabung dalam acara penanaman dan pelepasan ikan tersebut.

”Semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat untuk kedepannya,” harapnya.

Sementara itu, salah satu relawan KEBTANA, Bibit menyebut bahwa selain ikut penanaman, pihaknya juga menyalurkan sejumlah bibit buah-buahan.

”Selain berpartisipasi dalam penanaman pohon, kami juga menyalurkan bibit buah-buahnya dari teman-teman penjual bibit buah,” katanya.

”Kita mendapat materi dari Ketua FMMH, Jadmiko. Beliau menjelaskan bahwa satu pohon yang kita tanam dapat menyelamatkan banyak organisme. Karena plasma Nutfah sangat berpengaruh terhadap ekosistem yang ada tersebut. Penjelasan itulah yang menjadi salah satu inspirasi kami untuk ikut dalam acara ini,” sambungnya.

Dia pun berharap dengan kegiatan ini, dapat menjaga sumber mata air yang ada di Grojogan Kapuhan. Selain itu, bila nanti pohon-pohon sudah berbuah, hasilnya bisa dinikmati warga setempat. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: