PERKENALKAN…Batik Soreng Khas Magelang, Ini Filosofinya

BNews—BOROBUDUR—  Kegiatan ekonomi kreatif di Kabupaten Magelang semakin tumbuh untuk terus menangkap peluang. Salah satunya kembali hadir batik soreng. Yang akan menjadi ciri khas dan ikon Magelang.

Batik soreng diinisiasi oleh Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kabupaten Magelang. Bekerjasama dengan Omah Mbudur. “Kita memang ingin perkembangan budaya ini juga sinergi dengan ekonomi kreatif. Lalu dalam diskusi kita munculkan batik soreng ini,” kata Ketua KSBN Kabupaten Magelang, Mul Budi Santoso, siang tadi.

Advertisements


Menurutnya, batik ini memiliki corak yang cukup terang. Juga kuat. Menggambarkan kekuatan seni keprajuritan soreng di Kabupaten Magelang.


Di dalam batik ini, juga digambarkan para penari soreng. Dimana, merupakan pengejawantahan prajurit kerajaan jaman dahulu.

Menurutnya, batik ini akan diluncurkan pada 28 Oktober mendatang. Bersamaan dengan pagelaran 10 ribu soreng di Lapangan Drh Soepardi Kota Mungkid. Kesenian soreng ini akan menecahkan rekor MURI.

Nuryanto seniman Borobudur yang mendesain batik ini mengatakan ada banyak filosofi yang dtuangkan dalam batik ini. Diantarnaya di dasaran ada gambar tumbuhan rambat khas Gunung Telomoyo, Merbabu dan Andong. Dimana, kesenian soreng ini tumbuh dan berkembang disana.

KEREN : Desain Batik Soren memiliki berbagai makna filosofi. (Foto : istimewa)

Kemudian, ada titik telu. Yang disimbolkan dengan tiga bintang “Harapannya kreasi ini baik soreng maupun batiknya bisa populer,” kata dia.

Kemudian, ada gambar penari soreng.  Paling bawah yang diinjak penari, ada gambar latar pondasi. Diambil dari Mandala Borobudur.  (bsn/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: