Pemandian Air Hangat Di Magelang ini Buka Selama 24 Jam

BNews–MAGELANG-– Siapa yang tidak kenal destinas wisata di Kabupaten Magelang yang selalu buka selama 24 jam ini. Lokasi itu adalah Umbul Banyu Roso yang terletak di Dusun Kasuran, Desa Sumberarum, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang.

Lokasi tersebut merupakan kolam pemandian air panas dari sumber mata air. Yang diketahui selalui ramai dikunjungi masyarakat baik siang hari ataupun malam hari.

Menurut salah seorang penjaga tiket, awal mula seorang warga membuat sumur dengan tehnik pengeboran pipa untuk perumahan. Setelah sumur selesai dibuat ternyata airnya bersuhu panas, sehingga di manfaatkan untuk mengaliri kolam sebagai terapi kesehatan.

Salah seorang tokoh pemuda, yang juga pengurus Penggiat Anti Narkoba di Kecamatan Tempuran, Muhamad Deni Yusuf (29) mengatakan; air panas alami di pemandian Umbul Banyu Roso merupakan sebuah fenomena alam yang unik dan menarik, banyak daya tarik orang. Oleh karena itu, kata Dia, banyak kolam renang yang didirikan di Kasuran untuk wisatawan yang berdatangan.

“Di sebelah barat kolam renang ini juga terdapat sumber air panas alami yang digunakan untuk pemandian umum oleh warga setempat. Menurut informasi air panas ini ada hubungan erat dengan Candi Bata yang baru ditemukan beberapa waktu dan pantai selatan. Dengan beragam cerita menarik itu, tak heran jika tempat ini jadi buruan wisatawan dari berbagai daerah yang datang tiap akhir pekan,” katanya.

Dia melanjutkan, semburan air mancur yang keluar dari belalai patung gajah menjadi primadona para pengunjung pemandian air hangat Umbul Banyu Roso. Tekanan air yang kuat, kata Deni, bisa memberikan sensasi seperti dipijat-pijat. Pengunjung bisa datang kapan saja karena tempat pemandian ini buka selama 24 jam penuh dan selalu ramai dikunjungi, pungkasnya.

Sementara salah seorang pengunjung dari Jakarta, Ahmad Ambon (44) mengatakan, udara sejuk dan pemandangannya menambah keunggulan tempat wisata ini. Ditambah lagi, air panas alami yang bisa merilekskan tubuh. Pengunjung, imbuh Ia, gak perlu khawatir kelaparan karena tersedia kantin buat pesan minuman atau makanan seperti pop mie dan gorengan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Tempat ini cocok buat yang ingin melepas penat selama beraktivitas seharian. Dijamin tubuh bakal merasakan rileks, pikiran tenang, sejenak lupa sama utang-utang dan angsuran. Karena memang manfaatnya beneran nyata. Saya sendiri merasa lebih segar ketika bangun tidur di pagi hari setelah semalam berendam air hangat. Pusing kepala pun sekarang hilang, yang jelas badan jadi berasa lebih enteng dan serasa awet muda,” ujar Ambon sambil tersenyum.

Pantauan media, di samping fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari parkiran yang luas, tempat bilas, toilet, mushola, dan kamar mandi, harga tiket masuknya pun murah yakni 10 ribu rupiah.

Menurut informasi dari penjaga tiket, tempat ini dibuka pada akhir tahun 2021 dan pemilik pun berusaha untuk menambahkan fasilitas penunjang agar semakin nyaman bagi para pengunjung. (*/hariangarut)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: