IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Ritual Nyapeh Iwak Meriahkan Festival Telaga Bleder

BNews-MAGELANG– Ritual Nyapeh Iwak menandai dibukanya festival telaga bleder di Desa Ngasinan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Nyapeh dalam bahasa jawa berarti melepaskan. Sedangkan iwak berarti adalah ikan.
“Festival ini dibuka dengan ritual nyapeh iwak ke dalam telaga yang artinya melepaskan ikan yang sebelumnya hidup di kolam budididaya dan menggantungkan hidupnya dari orang, kita lepas ke habitat aslinya,” kata pimpinan ritual Agus Merapi.
Prosesi ritual dimulai dengan arak-arakan kesenian jatilan dari pintu gerbang telaga sembari membawa sejumlah plastik berisi ratusan ikan. Di barisan depan, Agus Merapi yang membawa dupa dan bunga tujuh rupa membaca mantra-mantra. Dia kemudian naik perahu ke tengah telaga.
Di sana, satu persatu ikan dilepas setelah didoakan. Ikan ini diharapkan bisa tumbuh dan berkembang di habitat aslinya.
Dalam kesempatan tersebut Asisten Administrasi Umum Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana mengatakan pihaknya sangat mendukung festival telaga bleder ini. Diharapkan, keberadaan Telaga Bleder menjadi salah satu diantara banyak objek wisata di Kabupaten Magelang yang berpotensi menarik wisatawan dalam dan luar negeri. (yan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: