Pemberdayaan SDM Perkebunan Ditengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa UNIMMA Lakukan PPMT Di Tegalsari

BNews—MAGELANG— Pandemi Covid-19 di Indonesia hingga kini belum juga usai. Sejumlah langkah pun terus dilakukan dalam upaya pencegahan penularan virus corona.

Terkait hal tersebut, sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) melakukan sosiasilasi tentang covid-19 dan pemanfaatan bahan alam untuk dijadikan suatu produk inovatif.

Dimana sosialisasi ini di lakukan oleh tim pengabdian masyarakat mahasiswa UNIMMA Fakultas Ilmu Kesehatan berjumlah lima orang. Dengan dosbing yakni, apt. Fitriana Yuliastuti.

”Sosialisasi dilaksanakan di Aula Desa Tegalsari, Kecamatan Candimulyo pada Selasa 29 Juni 2021 lalu. Dengan peserta yakni ibu ketua PKK dan ibu RT di setiap dusun yang ada di desa tersebut. Acara digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Ketua tim pengabdian masyarakat, mahasiswa UNIMMA Fakultas Ilmu Kesehatan, Devi Pujiyanti.

Dia menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat lebih memahami terkait gejala, sikap, dan kegiatan yang dilakukan agar terhindar dari Covid-19. Selain itu, terkait sikap kita sebagai penderita saat melakukan isolasi mandiri.

”Sosialisasi juga membahas pemanfaatan hasil kebun untuk dijadikan produk inovatif berupa handsanitizer berbasis bahan alam. Mengingat Desa Tegalsari banyak terdapat hasil kebun seperti jahe, temulawak, kunyit, serai, lidah buaya,” jelas Devi.

”Hasil kebun tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami pembuatan hand sanitizer. Tentunya antiseptic tangan ini sangat dibutuhkan di masa pandemi ini,” sambungnya.

Dia pun berharap, dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat mempraktekkan materi-materi yang telah didapat. Kedepannya, bisa dijadikan sebagai bidang usaha agar menigkatkan pendapatan dan menambah lapangan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: