Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro Hingga 8 Maret 2021, Ini Alasannya

BNews—NASIONAL— Pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di Jawa dan Bali. Pepanjangan yakni selama dua minggu yang dimulai tanggal 23 Februari hingga 8 Maret 2021 mendatang.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto mengatakan, PPKM mikro diperpanjang hingga 8 Maret 2021.

”Kita lihat dari tujuh provinsi, sudah siap mempersiapkan posko-posko dan kita lihat dari pembaruan yang sudah ada perbaikan,” tuturnya, Sabtu (20/2/2021). Dikutip BorobudurNews dari Kompas.com.

Menurutnya, PPKM dan PPKM mikro selama lima minggu belakangan ini terbukti menurunkan jumlah kasus aktif Covid-19 secara signifikan. Bahkan, tren kasus aktif di lima provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur mengalami penurunan.

Terkait hal itu, Airlangga pun meminta para gubernur di tujuh provinsi di Jawa dan Bali segera menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang perpanjangan PPKM mikro. Termasuk para kepala daerah untuk melakukan pemantauan operasionalisasi pelaksanaan PPKM mikro di desa / kelurahan dengan persiapan dan pelaksanaan 3T (testing, tracing, treatment).

DPD PKS Magelang Ramadhan

”Kemudian juga siapkan bantuan beras, masker dan distribusi melalui polsek / koramil. Serta pemetaan zonasi risiko di tingkat RT dan pendataan 3 Melalui Integrasi system,”ujar dia.

“Pemerintah provinsi mengoordinasikan data pemetaan zonasi risiko tingkat RT dan penyaluran data, melaporkan berkala ke satgas pusat melalui satgas daerah,” tutupnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: