Ini Jalur Alternatif Hindari Longsor di Jalan Magelang-Purworejo

0
247
BENCANA : Petugas Kepolisian Lantas Polres Magelang dan Dishub Kabupaten Magelang saat menutup akses jalan Magelang-Purworejo di simpang tiga salaman karena ada material longsor (18/1)--(Foto--Istimewa)
BENCANA : Petugas Kepolisian Lantas Polres Magelang dan Dishub Kabupaten Magelang saat menutup akses jalan Magelang-Purworejo di simpang tiga salaman karena ada material longsor (18/1)--(Foto--Istimewa)

BNews—SALAMAN—Hingga pukul 14.30 wib jalur utama penghubung Kabupaten Magelang-Purworejo masih tertutup tumpukan material tanah longsor (18/1). Sebanyak empat alat berat diterjunkan untuk menyingkirkan material di akses jalan provinsi ini.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang,Edy Susanto mengatakan empat alat berat dikerahkan bersama ratusan orang dari unsur Relawan, Warga, TNI dan Polri. “Hingga pukul 14.00 wib tadi baru mampu membersihkan sekitar 5-10 % material yang menumpuk setebal 3-5 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter,” katanya.

Untuk arus kendaraan, Edy mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. “Saya sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Magelang dan Dishub Kabupaten Magelang untuk rute pengalihan arus kendaraan guna menghindari titik longsor ini,” imbuhnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Magelang, melalui Regindent Sat Lantas Polres Magelang Iptu Marsodiq mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pengalihan jalur menuju Purworejo maupun sebaliknya. “Untuk sementara arus lalulintas dari Magelang ke Purworejo dan sebaliknya kendaraan roda dua dan empat bisa melalui simpang tiga Krasak ke kanan , terus simpang empat Pasar Kajoran belok ke kiri melalui Fs. Sambak terus sampai simpang tiga Kaliabu arah kekanan dan terakhir simpang tiga Manglong ke kanan masuk jalan utama Purworejo-Magelang,” jelasnya.

Sementara untuk untuk kendaraan roda enam dialihkan melalui jalan raya Magelang Yogjakarta. “Hal ini dikarenakan jalur alternative tidak begitu lebar sehingga jika kendaraan roda enam dilewatkan akan timbul kemacetan baru saat berpapasan dengan kendaraan yang berlawanan,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here