Pemkab Bentuk Tim Saber Pungli


           Bnews—MUNGKID— Pemerintah Kabupaten Magelang membenuk tim saber pungli, siang tadi. Tim yang akan dipimpin Plt Sekda Agung Tri Jaya ini akan segera bekerja menindak praktek pungutan liar di seluruh instansi.
    Pengukuhan tim saber pungli dilakukan oleh Bupati Magelang di Pendopo Drh Soepardi. ”Semoga pengukuhan ini menjadi satu langkah awal yang baik dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang lebih berkualitas, cepat, profesional dan tentunya jauh dari praktek-praktek pungutan liar,” harap Bupati Zaenal Arifin.
Menurut Bupati Upaya Pemerintah yang telah dilaksanakan selama ini  untuk mendukung pemberantasan korupsi. Seperti Ikrar dan Penandatanganan Pakta Integritas, penetapan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Serta penerapan Whistle Blower System, ternyata belum berhasil menghilangkan praktek-praktek pungutan liar secara tuntas di berbagai institusi Pemerintah.
    Menurut Bupati Magelang, institusi yang masih rawan prakek pungli ada pemerintah daerah. Kemudian disusul kepolisian kementerian. ”Praktek-praktek pungutan liar ini secara nyata telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, yang berdampak pada ekonomi biaya tinggi, hambatan di bidang pembangunan, serta merugikan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung,” katanya.
Bupati menambahkan, tim saber Pungli ini diberikan kewenangan untuk membangun sistem pencegahan dan pemberantasan praktek pungutan liar. Pengumpulan data dan informasi, operasi tangkap tangan, dan memberikan rekomendasi untuk memberikan sanksi kepada pelaku praktek pungutan liar. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: