Pemkot Magelang Bersihkan Abu Vulkanik Merapi di Ruang Terbuka Publik

BNews—MAGELANG— Gunung Merapi meluncurkan awan panas guguran (APG) pada Sabtu (11/3/2023) pukul 12.12 WIB ke arah Kali Bebeng/Krasak. APG tersebut membuat sejumlah wilayah mengalami hujan abu, salah satunya di Kota Magelang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang pun langsung menggelar menggelar rapat koordinasi terkait penanggulangan dampak APG Gunung Merapi tersebut.

Rapat dipimpin oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Magelang Larsita dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan; Asisten Administrasi Umum; Kepala OPD terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD); Dinas Lingkungan Hidup; Dinas Kesehatan; Satpol PP; Dinas Perhubungan; Diskominsta; para Camat dan PMI Kota Magelang.

Larsita menjelaskan, Pemkot Magelang akan mengambil beberapa langkah untuk menanggulangi hujan abu yang mengguyur Kota Magelang. Langkah pertama yakni penyemprotan di beberapa area ruang terbuka publik, baik itu taman maupun ruas-ruas jalan di Kota Magelang.

”Penyemprotan dimulai dari Alun-alun dan sekitarnya pada malam ini. Besoknya akan dilanjutkan di area yang lain. Penyemprotan dilakukan oleh personel dari Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, UPT Damkar dan PDAM,” ujarnya, Sabtu (11/3/2023) malam WIB.

Kegiatan tersebut dibantu jajaran Satpol PP, Dishub, relawan PMI dan Tagana. Selain itu, akan dibagikan masker di beberapa titik di ruas-ruas jalan untuk membantu masyarakat agar terhindar dari gangguan pernapasan.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

“Hari ini pula (11 Maret 2023) sudah disiapkan distribusi obat-obatan yang terkait dengan iritasi mata maupun masalah pernapasan. Semua obat telah disiapkan Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di Kota Magelang untuk masyarakat Kota Magelang yang membutuhkan,” jelasnya.

Wakil Walikota Magelang M. Mansyur yang temui di Rumah Dinas Wakil Walikota mengapresiasi langkah cepat yang diambil jajaran Pemkot Magelang. Dia juga mengimbau masyarakat agar pada Minggu (12/3/2023) pagi seluruh warga bersama bergotong-royong membersihkan lingkungannya dari abu vulkanik Gunung Merapi.

Hal ini penting untuk agar Kota Magelang tetap bersih dan terjaga kesehatan warganya. “Kepada warga yang tidak mempunyai kepentingan mendesak, sebaiknya tidak usah bepergian dahulu,” pesannya.

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang bersifat darurat, bisa menghubungi PSC 119 yang akan siap melayani 24 jam. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!