Penelitian Pada Lembaran Uang Kertas, Banyak Kehidupan Yang Ditemukan

BNews—NASIONAL—Uang termasuk alat tukar yang sering berpindah tangan bahkan bisa lebih dari satu kali. Karenanya, uang menjadi salah satu benda yang dapat membawa bakteri yang menyebabkan timbulnya penyakit.

Sebuah penelitian pun dilakukan oleh sekelompok orang terhadap bebeberapa lembar uang yang nampak kusut dan diperkirakan sudah sering dipegang oleh banyak orang. Penelitian ini dilakukan oleh akun youtube Lic Experiment.

Dalam penelitian yang dilakukannya, mereka merendam beberapa lembar uang tersebut ke dalam air bening kemudian didiamkan selama lima jam. ”Salah satu cara agar bakteri dapat terlihat jelas adalah dengan mengeluarkannya lewat air,” tulisnya dalam eksperimen itu.

Setelah lima jam direndam, air rendaman uang tersebut nampak berubah warna menjadi sedikit kecoklatan. Air rendaman itulah yang kemudian diteliti menggunakan mikroskop dengan memberikan zoom 1000x .

Dalam video tersebut, mereka menggunakan air rendaman yang sangat sedikit namun memperlihatkan bakteri-bakteri yang terus bergerak. Begitu dilakukan zoom yang lebih besar, terlihat lebih jelas bakteri-bakteri yang hidup dan berjalan.

”Mereka tidak terlihat, tetapi sangat berbahaya,” tulis dalam video penelitian.

Loading...

Akun youtube tersebut juga menjelaskan, bakteri-bakteri apa saja yang ada di uang kertas. “Menurut penelitian dari Universitas Colorado di Amerika Serikat yang menyebutkan kalau tangan manusia dapat mengandung 332 ribu bakteri yang berasal dari 4700 jenis yang berbeda” ungkapnya.

Dia menjelaskan, bahwa hal tersebut wajar mengingat seseorang dapat memegang segalanya. Mulai dari kursi di angkutan umum, bersalaman dengan orang lain, sampai menyentuh toilet umum, kumpulan bakteri tersebut kemudian tersalurkan melalui uang. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: