IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Pengusaha Asal Lereng Sumbing Jadi Mentor Ekonomi Desa

BNews- KAJORAN-  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kartadesa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang menggelar Workshop 2 Hari Menjadi Penggerak Ekonomi Desa atau Pengusaha Desa. Acara digelar 16-17 Oktober di balai desa setempat.

 

Sebanyak 30 peserta Workshop dari berbagai daerah mengikuti acara ini seperti dari Kuningan (Jawa  Barat), Jogja, Temanggung dan lain-lain. “Karena banyak yang antusias terhadap acara ini maka acara ini kita bukak untuk umum padahal sebelumnya kita hanya fokuskan untuk warga Kajoran saja”, ungkap panitia penyelenggara Muhammad Ainur Rofiq.

Pelatihan dipandu oleh owner Sutelo dan Eatsleep batagor instant, Amron Muhzawawi, seorang pengusaha desa yang jeli mengangkat potensi sekitar menjadi produk layak jual. Amron adalah mantan wartawan yang kemudian banting setir menjadi seorang wirausahawan. Ia sekarang juga menjadi  direktur BUMDes di tempat kelahirannya, Desa Sambak.

Dalam workshop ini peserta memperoleh materi lengkap untuk memulai usaha. Diantara tentang bagaimana mengidentifikasi potensi desa, mengembangkan potensi menjadi produk layak jual, branding dan pengemasan, sampai tentang strategi pemasaran.

“Saya berharap dengan pelatihan ini peserta mampu jadi seorang pengusaha dengan ide dan rencananya masing-masing setelah dilakukan penggodokan dalam acara ini,” imbuh Rofiq.

Salah satu peserta workshop asal Kuningan Jawa Barat Jaenal Mutakin menerangkan bahwa acara ini sangat mengispirasi tentang bagaimana menggerakan ekonomi di desa dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.  “Materi Workshop cukup bagus dan bermanfaat, sayangnya karena keterbatasan waktu tidak bisa melihat langsung ke sentra Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk lebih tahu prosesnya”. Pungkasnya. (bsn)

 

Baca Juga :

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: