Penjelasan 7 Olahraga Yang Bisa Menambah Tinggi Badan

BNews–KESEHATAN– Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan, mulai dari genetik hingga keturunan.

Salah satu yang tidak kalah penting adalah olahraga. Selain menyehatkan, olahraga yang akan kita bahas ini juga ada dampak baik lainnya.

“Tinggi badan tidak semata-mata didasarkan pada genetika, sebagaimana dibuktikan oleh kembar identik yang terkadang memiliki tinggi berbeda,” kata professor pediatri di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt, Dr Joseph Gigante, dikutip dari laman Mom.

Kombinasi berbagai faktor akan menentukan apakah pertumbuhan tinggi badan seseorang bisa maksimal atau tidak.

Secara genetik punya ‘bakat’ jangkung, kalau nutrisi dan faktor lain tidak terpenuhi maka hanya akan jadi ‘bakat’ terpendam.

Dan olah raga ini bisa dilakukan dengan mudah dan bisa di rumah saja. Mungkin ada satu dua yang harus membutuhkan tempat khusus seperti kolam renang dan lainnya.

Beberapa olahraga yang diyakini bisa membantu meningkatkan tinggi badan dikutip dari bund sehat, Yakni  sebagai berikut:

1. Stretching

Peregangan atau stretching adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan tinggi badan anak. Olahraga sederhana yang melibatkan peregangan.

Jenis peregangan yang bisa dicoba untuk anak adalah berdiri di dinding dengan punggung menghadapnya. Cobalah untuk mengangkat tangannya dan melakukan peregangan sejauh mungkin.

Kemudian duduk dengan punggung menempel di dinding dengan jari-jari kaki dan regangkan otot-otot di kakinya. Ini bisa diulang sepuluh kali setiap hari.

Latihan peregangan lainnya adalah membuat anak duduk di lantai dengan kaki terbuka selebar mungkin. Biarkan dia menekuk pinggangnya dan melakukan peregangan untuk menyentuh jari kakinya, sekitar empat kali pada setiap kaki. Ini adalah latihan yang bermanfaat karena membantu pemanjangan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuhnya, Bunda.

2. Latihan menggantung

Latihan menggantung dapat dilakukan layaknya seperti bermain. Kebanyakan anak-anak menyukai olahraga ini.

Ini efektif dalam memanjangkan dan meluruskan tulang belakang anak, Bunda. Beberapa teknik yang bisa diaplikasikan seperti gerakan pull up maupun chin up demi mendapatkan hasil yang terbaik. Oh iya, pastikan anak berlatih setiap hari selama sekitar 10 menit ya Bunda.

3. Yoga

Gerakan asana yoga seperti surya namaskar sangat ideal dalam membantu anak-anak tumbuh tinggi. Pose ini memungkinkan tubuh meregang sepenuhnya, mendorong pertumbuhan tinggi. Pastikan anak melakukan latihan pernapasan sederhana sebelum memulai.

Selain itu, chakrasana adalah latihan yoga lainnya yang akan membuat anak dapat meregangkan seluruh tubuhnya. Ini melibatkan berbaring telentang dengan kaki terbuka. Cobalah untuk mengajak anak untuk menekuk lututnya, menyentuh bokongnya, dan menekuk sikunya sehingga jari-jarinya menyentuh bahunya.

Langkah selanjutnya adalah menarik napas dan mendorong tubuhnya ke atas untuk membuat huruf U, serta tetap dalam posisi ini selama dia bisa.

4. Lompat tali

Lompat tali atau skipping adalah olahraga aktif yang disukai oleh banyak anak dan dapat digunakan sebagai latihan untuk meningkatkan pertumbuhan anak.

Saat dia melompat, tubuhnya meregang dan karenanya, dia tumbuh beberapa cm setiap kali dia melakukan olahraga ini.

5. Berenang

Olahraga renang kerap melibatkan setiap anggota tubuh yang mengharuskan anak menggunakan lengan dan kakinya untuk bergerak, Bunda.

Ini merupakan latihan yang bagus serta dapat membantu membuat anak tumbuh lebih tinggi. Berenang juga membantunya melatih seluruh tubuhnya, memberinya kekuatan dan kesehatan.

6. Jogging

Manfaat jogging tidak ada habisnya, bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Untuk membuat anak tumbuh lebih tinggi, biasakan dia untuk melakukan aktivitas jogging setiap hari dan menemaninya agar lebih menyenangkan, Bunda.

7. Latihan beban kaki

Terakhir adalah latihan beban kaki, yang merupakan cara efektif lain untuk meningkatkan tinggi badan anak.

Satu-satunya tujuan dari latihan ini adalah untuk meregangkan tubuh bagian bawah. Tulang rawan di antara lutut anak direntangkan, yang dapat membuatnya lebih tinggi. Pastikan bahwa beban kecil digunakan dan tingkatkan seiring bertambahnya usia anak. (***)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: