Perhatikan, 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Mudah

BNews—KESEHATAN— Hidung tersumbat sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman yang mengganggu aktivitas dan istirahat. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pilek, sinus, alergi, dan sebagainya.

Hidung tersumbat adalah situasi yang mengganggu sehingga perlu tahu cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Nah berikut ini beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif yang perlu kamu tahu.

1. Menghirup Uap Panas

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif adalah menghirup uap panas. Kamu bisa merebus air hingga mendidih, lalu letakkan ke dalam wadah atau ember.

Kemudian, kamu duduk menghadap baskom tersebut sehingga uapnya bisa mengenai wajahmu. Tutupi kepala dengan handuk dan bernapaslah di antara uap tersebut.

2. Menggunakan Minyak Angin

Minyak angin adalah pengobatan alami sebagai penanganan untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif.

Kamu bisa menggunakan balsem, atau kayu putih untuk digosokkan ke area dada, leher, maupun hidung. Aroma terapi dari minyak angin tersebut dapat menghangatkan hidung dan melancarkan hidung tersumbat.

3. Minum Air Jahe Hangat

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah minum air jahe hangat. Air jahe hangat tidak hanya membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat, melainkan juga membuat kamu lebih fit dan sehat.

4. Tetap Terhidrasi

Tetap terhidrasi adalah salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Mengapa demikian? Sebab sangat penting untuk tetap menjaga asupan cairan supaya tubuh tidak kehilangan cairan tubuh yang membuat kondisi tubuh menjadi semakin memburuk.

Terkadang, kondisi hidung tersumbat membuat kamu enggan untuk minum air. Nah, setelah mengetahui pentingnya konsumsi air, sebaiknya kamu tidak melupakan ritual yang satu ini sebagai cara membantu mempercepat proses pemulihan tubuh, ya!

5. Berjemur Pagi

Berjemur pagi bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Kamu sebaiknya duduk di luar ruangan antara pukul 07.00-09.00 untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari yang sehat.

Tidak hanya paparan sinar matahari yang baik untuk imunitas tubuh, berjemur juga baik untuk sistem metabolisme tubuh sehingga tubuh bisa membuang racun dan mempercepat proses penyembuhan. (*)

Sumber: halodoc

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: