Peringatan Cuaca Ekstrem Di Wilayah Magelang Dan Sekitarnya Dari BMKG

BNews–MAGELANG–  Potensi cuaca ekstrem masih akan terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, termasuk di Magelang dan sekitarnya. Oleh sebab itu, pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang memberikan peringatan dini.

BMKG mengeluarkan prakiraaan cuaca tersebut akan terjadi selama hari kedepan. Yakni mulai tanggal 12 hingga 13 Februari 2021.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Sutikno mengatakan, berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan masih aktifnya Monsun Asia. Adanya juaga daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Serta daerah belokan angin (shear) di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya akibat adanya beberapa pola siklonal di selatan Indonesia.  

“Selain itu didukung masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas. Dimana hal itu dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Jawa Tengah,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Ahmad Yani Semarang memprakirakan adanya potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Hal itu berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah pada 12-13 Februari 2021.

“Untuk tanggal 12 Februari 2021, potensi cuaca ekstrem ada di Cilacap, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen; Wonosobo, Purworejo, Magelang, Salatiga, Semarang, Surakarta, Boyolali,Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen; Karanganyar, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Blora, Purwodadi dan sekitarnya,” imbuhnya.

Sementara tanggal 13 Februari 2021, potensi cuaca ekstrem ada di Magelang, Boyolali, Kabupaten Semarang, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Klaten, Sukoharjo; Cilacap, Kebumen, Purworejo, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kab.Brebes, Tegal, Batang, Pekalongan; Jepara, Pati, Kudus, Demak dan sekitarnya.

“Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat disertai kilat/petir dan diikuti angin kencang, dll);  dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” imbaunya. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: