Persiapkan Diri, Ini 5 Skill yang Dibutuhkan untuk Karier di Masa Depan

BNews—MAGELANG—Seiring bertambahnya tahun, ilmu pengetahuan serta teknologi informasi dan komunikasi berkembang semakin pesat. Hal itu pun berdampak terhadap sendi-sendi kehidupan manusia.

Tak terkecuali dalam dunia kerja yang kini semakin ketat dan memiliki kebutuhan akan pekerja dengan skill yang tinggi. Setiap individu dituntut memiliki skill atau kompetensi agar mampu bersaing dalam dunia kerja.

Berikut ini rangkuman Borobudurnews yang dilansir dari berbagai sumber, tentang lima skill yang dibutuhkan di masa depan dalam dunia kerja.

Berpikir analitis (kritis)

Individu dengan keterampilan berpikir kritis akan mengalami peningkatan kebutuhan di perusahaan. Hal ini karena dengan pikiran yang kritis dianggap bisa memberikan solusi dan ide kreatif, memecahkan masalah yang komplek dan mengevaluasi argumen.

Salah satu langkah dalam berfikir kritis adalah menganalisis informasi yang didapat dari berbagai sumber. Kemudian mengamati, mengandalkan penalaran logis daripada emosi, mengumpulkan pro/kontra dan berpikiran terbuka untuk solusi terbaik.

Kecerdasan emosional

Loading...

Ada banyak kecerdasan yang dibutuhkan dalam dunia kerja, tak hanya mengandalkan kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan sosial (SQ). Namun juga kecerdasan emosional (EQ), yang juga menjadi hal penting di dunia kerja.

Orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi akan memiliki daya saing yang sangat diinginkan perusahaan. Sebab sebuah mesin tidak dapat dengan mudah menggantikan kemampuan manusia untuk terhubung dengan manusia lain.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Kreatif

Menjalankan perusahaan juga membutuhkan sebuah kreativitas yang tinggi. Dengan kretivitas, individu bisa menetapkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kreativitas juga bisa membantu mengatasi kebuntuan yang tidak dapat dilakukan oleh sebuah sistem.

Ketrampilan komunikasi

Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan manusia lain juga penting selama revolusi industri 4.0. Sehingga nantinya individu dapat mengatakan hal yang benar, menggunakan nada suara dan bahasa tubuh yang tepat untuk menyampaikan pesan yang dimaksud.

Desain dalam teknologi dan programing

Di era yang akan datang, kita tak lagi hanya menunggu inovasi teknologi. Melainkan kita sendiri yang akan menciptakan desain teknologi sesuai dengan kebutuhan.

Kemampuan dalam pemrograman dan teknologi akan menjadi aset besar milik individu. Faktanya, tidak ada satupun perusahaan yang tidak mengandalkan teknologi dalam segala aspek.

Nah, itulah lima skill yang butuhkan dalam dunia kerja di masa depan. Jadi tunggu apa lagi, tingkatkan kemampuanmu untuk karier yang lebih baik. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: