Pertama dalam Sejarah, Beras Papua Dikirim ke Jawa via Tol Laut

BNews—NASIONAL— Pertama kalinya dalam sejarah, tanah Papua berhasil megirimkan hasil bumi berupa beras ke Pulau Jawa. Beras Merauke itu berhasil dikirim menggunakan kapal logistik melalui Tol Laut yang digagas Presiden Joko Widodo.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Keamanan Kemaritiman, Mayjen TNI Mar (Purn) Buyung Lalana mengatakan, pengiriman beras tersebut merupakan pengiriman perdana. Pengiriman beras tersebut juga untuk merespons adanya surplus beras sebesar 200 ribu ton di Merauke.

”Ini pengiriman perdana. Ke depan, tidak hanya beras yang dapat didistribusikan. Tetapi juga produk sagu, kopra, gambir, karet dan hasil laut seperti ikan, kepiting dan lain-lain,” kata Buyung, Selasa (24/11).

Jelasnya, keberhasilan pengiriman beras Merauke menorehkan sejarah penting dalam implementasi Program Tol Laut di Tanah Air oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Terang dia, Kapal Logistik Nusantara 2 merupakan kapal tol laut yang dibangun pemerintah pada 2007. Yang berangkat dari Pelabuhan Merauke pada 13 November 2020 dengan mengangkut 15 kontainer beras. Dan dua kontainer biji gebang yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak pada 19 November 2020 pukul 16.00 WIB di Dermaga Jamrud Selatan.

”Kapal tersebut merupakan bagian dari program Kemenhub melalui penyelenggaraan Tol Laut yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan Operator Kapal” terangnya.

Buyung menilai, Tol Laut menjadi bukti nyata upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan ke daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar dan Perbatasan (3TP) Indonesia. ”Efek Tol Laut adalah adanya pengurangan selisih harga antarpulau yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,” pungkasnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: